Lambang Koperasi Arti dan Maknanya yang Baru

Advertisement

Sebelum kita membahas tentang arti lambang koperasi, ada baiknya kita simak sejarah koperasi di Indonesia dan perkembangannya. Dalam pemikiran banyak orang terutama kaum muda, kata koperasi sering mendapat image kurang layak. Kata koperasi banyak dikaitkan dengan urusan simpan pinjam uang. Padahal koperasi sangat luas cakupannya. Prinsip koperasi dimulai pada tahun 1896 seorang Pamong Praja Patih R.Aria Wiria Atmaja di Purwokerto mendirikan sebuah Bank untuk para pegawai negeri. Tujuan beliau adalah untuk meningkatkan taraf hidup para pegawai yang menderita karena lintah darat yang memberikan pinjaman dengan bunga yang tinggi. Kemudian, kerja beliau dilanjutkan oleh De Wolffvan Westerrode, yang merupakan warga Belanda. Lalu, dia mengusulkan untuk mengubah namanya menjadi Bank Pertolongan, Tabungan dan Pertanian
lambang koperasi baru
Masuk menjelang era kemerdekaan, pergerakan koperasi mengadakan konferensi koperasi pertama yang diselenggarakan pada tanggal 12 Juli 1947 di Tasikmalaya. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai Hari Koperasi Nasional. Pada konggres tersebut terbentuklah membentuk Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI).

Arti dan Makna Lambang Koperasi yang Baru

Pada tahun 2012, pemerintah memutuskan untuk mengganti lambang koperasi. Lambang koperasi yang baru tampak lebih modern dan dinamis dengan dominan warna hijau. Dibawah ini adalah arti tiap gambar pada lambang koperasi.

Gambar bunga, bermakna bahwa koperasi di Indonesia harus senantiasa berkembang mengikuti jaman, dinamis dan berwawasan, variatif, inovatif sekaligus produktif dalam kegiatannya serta berwawasan dan berorientasi pada keunggulan dan teknologi.

Gambar 4 (empat) sudut pandang
, mempunyai makna sebagai arah mata angin, koperasi haru dapat sebagai organisasi penyalur aspirasi, berlandaskan sifat kerakyatan, dan memnjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan, kemandirian, keadilan dan demokrasi serta siap dalam menuju persaingan global.

Teks Koperasi Indonesia, ditulis dalam huruf yang modern mengandung arti koperasi harus senantiasa maju sesuai kebutuhan jaman. Teks tersebut ditulis berjejer rapi mempunyai arti bahwa ikatan antar anggota dan pengurus yang kuat.

Warna Pastel dalam Lambang Koperasi Indonesia, mencerminkan sikap berwibawa, ketabahan, kemauan dan kemajuan serta mempunyai kepribadian yang kuat

4 (empat) kuncup bunga, digambarkan saling bertautan membentuk lingkaran, artinya bahwa tiap pengurus dan anggota koperasi saling bekerjasama membutuhkan satu dengan yang lain.

Demikianlah informasi terkini seputar arti lambang koperasi, mudah-mudahan bisa membantu adik-adik mengerjakan tugas sekolah.

Topik yang dicari:

lambang koperasi,yhs-fullyhosted_003,Arti lambang koperasi baru,Arti lambang koperasi,lambang koperasi baru,lambang koperasi dan artinya,lambang koperasi baru dan artinya,lambang koperasi terbaru,lambang koperasi yang baru,arti lambang koperasi yang baru
Advertisement
Lambang Koperasi Arti dan Maknanya yang Baru | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami