Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Letusan Gunung Kelud

Advertisement

Letusan Gunung Kelud – Gunung Kelud dalam bahasa disebut dengan Klut,Kloet,Cloot, Kloete dalam bahasa Jawa biasa ditulis dengan Kelut, merupakan gunung berapi yang masih aktif yang berada di Jawa Timur. Gunung Kelud berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Gunung Kelud sama seperti gunung-gunung berapi di pulau Jawa lainya terbentuk karena proses subduksi atau benturan antara lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia.

Letusan Gunung Kelud

Letusan Gunung Kelud

Gunug Kelud termasuk gunung api tipe stratovulkan yang mempunyai karater letusan eksplosif yang sangat berbahaya sekali bagi manusia. Sejak 100 M hingga th 2014 Gunung Kelud ini telak meletus sebanyak 30 kali aktif meletus  dengan rentang waktu  yang cukup pendek antara 9-25 tahun.

Letusan Gunung Kelud

Letusan Gunung Kelud

Terbentuknya danau kaawah di Gunung Kelud menjadi khas tersendiri bagi gunung ini hingga akhir tahun 2007  yang membuat letusan lahar mencair. Namun danau kawah yang ada di Gunung Kelud nyaris hilang akibat dari aktivitas lava pada tahun 2007  sehingga memunculkan kubah lava dan hanya tersisa semacam kubangan air saja.Letusan Gunung Kelud

Letusan Gunung Kelud

Letusan Gunung Kelud

Di abad 20 Gunung Kelud tercatat pernah meletus pada tahun 1901, 1919, 1951, 1966, 1990 sehingga dikenal dengan siklus 15 tahunan Gunung Kelud meletus. Namun sejak terbentuknya kubah lava pada kawaah gunung frekuensi letusan sejak abad 21 yaitu lertusan terjadi pada tahun 2007, 2010 dan 2014.

Letusan Gunung Kelud

Letusan Gunung Kelud

Letusan Gunung Kelud yang paling mengerikan adalah yang terjadi pada tahun 1586 yang menelan korban lebih dari 10 ribu jiwa dan letusan pada tahun 1919 yang menelan korban 5.160 jiwa meninggal dunia. Dengan lahar mencapai 38 kilometer merusak lahan pertanian seluas 15.000 hektar. Pada waktu itu langit gelap, udara sesak, kawah muntahan lahar dan abu disertai gas beracun menghancurkan semuanya, belasan desa raib dan ribuan korban terkubur hidup-hidup aliran lahar.

Letusan Gunung Kelud

Letrusan Gunung Kelud

Setelah letusan pada tahun 1919 yang sangat dahsyat ini, barulah dibangun tujuh terowongan yang dengan maksud untuk membuang air kawah danau Gunung Kelud. Dan setelah letusan tahun 1966 kembali dibangun terowongan berada 45 meter di bawah terowongan yang lama untuk menjaga volume danau kawah tetap berada pada 2,5 juta meter kubik. Terowongan ini dinamakan Terowongan Ampera.

Letusan Gunung Kelud

Letusan Gunung Kelud

Semoga musibah dan bencana yang melanda Indonesia segera berakhir. Amin.

 

Topik yang dicari:

kawah gunung kelud terkini
Advertisement
Letusan Gunung Kelud | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami