Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Lutfi Hasan Ishaaq Dituntut Hukuman Penjara 18 Tahun Denda 1,5 Miliar

Advertisement

Lutfi Hasan Ishaaq – Kasus dugaan korupsi dan pencucian uang dalam masalah pengurusan kuota  impor daging sapi yang melibatkan mantan Presiden Partai Kesejahteraan Rakyat Lutfi Hasan Ishaaq disidangkan pada Rabu 27 November 2013 di Pengadilan Tipikor jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Lutfi Hasan Ishaaq Dituntut Hukuman Penjara 18 Tahun Denda 1,5 Miliar

Lutfi Hasan Ishaaq Dituntut Hukuman Penjara 18 Tahun Penjara Denda 1,5 Miliar

Dalam tuntutan Jaksa yang dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum Rini Triningsih menyatakan bahwa terdakwa Lutfi Hasan Ishaaq telah terbukti melakukan tindakan korupsi dan pencucian uang.

Tuntutan 18 tahun penjara dan denda 1,5 miliar adalah tuntutan total dari tuntutan tindakan pidana korupsi dan tuntutan tindakan pencucian uang. Dalam tuntutan tindakan pidana korupsi Lutfi Hasan Ishaaq dituntut 10 tahun penjara dan denda 500juta subsider 6 bulan kurungan. Sedangkan dalam kasus tindakan pencucian uang Lutfi Hasan Ishaaq dituntut hukuman 8 tahun penjara dan denda 1 miliar subsider 1 tahun 4 bulan kurungan.

Lutfi Hasan Ishaaq Dituntut Hukuman Penjara 18 Tahun Denda 1,5 Miliar

Lutfi Hasan Ishaaq Dituntut Hukuman Penjara 18Tahun denda 1,5 Miliar

Lutfi Hasan Ishaaq – menurut jaksa terbukti secara meyakinkan telah menerima uang sebesar 1,3 miliar dari Maria Elizabeth Liman yaitu Dirut PT Indoguna Utama melalui Ahmad Fathanah.

Menurut Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK),uang senilai 1,3miliar tersebut merupakan imbalan jasa dari pengurusan kuota impor daging sapi total Rp  40 miliar yang telah dijanjikan oleh PT Indoguna Utama.

Kasus ini berawal dari Ahmad Fathanah yang mempertemukan Lutfi Hasan Ishaaq dengan Maria Elizabeth Liman Dirut PT Indoguna Utama dan Elda Davianne Adiningrat  di Resorant Angus Steack Chase Plaza Jakarta.

Lutfi Hasan Ishaaq Dituntut Hukuman Penjara 18 Tahun Denda 1,5 Miliar

Lutfi Hasan Ishaaq Dituntut Hukuman Penjara 18 Tahun Denda 1,5 Miliar

Dalam pertemuan tersebut Dirut PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman meminta Lutfi Hasan Ishaaq untuk membantu pengurusan penerbitan rekomendasi dari Kementan atas permohonan yang diajukan PT Indoguna Utama untuk penambahan kuota impor daging sapi menjadi 8 ribu ton.

Akhirnya Lutfi Hasan Ishaaq menyetujui permintaan dari Maria Elizabeth Liman dan meminta Maria Elizabeth Liman untuk menyiapkan data-datanya untuk bahan diskusi dengan Suswono.

Kemudian pada tanggal 9 Januari 2013 Ahmad Fathanah melalui telepon menanyakan janji Lutfi Hasan Ishaaq untuk mempertemukan Maria Elizabeth dengan Suswono. Ahmad Fathanah juga menyampaikan kepada Lutfi Hasan bahwa PT Indoguna Utama telah memasukkan permohonan penambahan kuota daging sapi sebesar 8 ribu ton dan akan memberi fee sebesar Rp 5000 per kilogram jadi total fee yang akan diterima sebesar Rp 40 miliar.

Dan pada tanggal 11 Januari 2013 Lutfi Hasan mempertemukan Maria Elizabeth Liman dengan Suswono di Medan.

Lutfi Hasan Ishaaq Dituntut Hukuman Penjara 18 Tahun Denda 1,5 Miliar

Lutfi Hasan Ishaaq Ditunut Hukuman Penjara 18 Tahun Denda 1,5 Miliar

Selang beberapa hari yaitu pada tanggal 28 Januari 2013 Ahmad Fathanah melakukan dengan Maria Elizabeth dan Arya Abdi Effendi di Restorant Angus Steak Senayan City dan meminta Elizabeth untuk mewujudkan komitmenya demi kelancaran pengurusan yang sedang diusahakan oleh Lutfi Hasan Ishaaq.

Permintaan Ahmad Fathanah disanggupi oleh Maria Elizabeth dan meminta Arya Abdi Effendi menyiapkan uang sebesar Rp 1 miliar.

Ahmad Fathanah mengambil uang di kantor PT Indoguna Utama pada tanggal 29 Januari 2013 dan langsung menuju Hotel Le Meridien dan kemudian menelepon Lutfi Hasan Ishaaq dan mengatakan ada kabar menguntungkan. Namun tak lama kemudian Ahmad Fathanah di tangkap KPK.

Advertisement
Lutfi Hasan Ishaaq Dituntut Hukuman Penjara 18 Tahun Denda 1,5 Miliar | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami