Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Macam Penyakit Mata

Advertisement

Macam Penyakit Mata-Bungkusdah.comMata adalah indra penglihat. Fungsi mata merupakan anugerah yang kita terima dan selayaknya wajib disyukuri. Indra penglihat selalu terbuka ketika bekerja menjadikannya rentan terhadap penyakit yang datang. Berbagai macam penyakit mata dapat menyerang kita. Setidaknya kita harus selalu menjaga dan memperhatikan kesehatannya. Dalam tulisan ini akan memaparkan tentang macam penyakit mata yang dapat menyerang mata kita. Jenis penyakit mata dapat menyerang siapapun, dimanapun dan kapanpun. Penyakit mata biasanya tidak memandang umur. Oleh karena itu kita harus hati-hati dan menjaga kesehatan mata kita dengan baik dan benar. Macam penyakit mata yaitu:

Macam-Penyakit-Mata

1. Presbiopi Penyakit presbiopi merupakan macam penyakit mata yang hanya menyerang usia tua, yakni suatu kondisi seseorang tidak mampu lagi untuk melihat jarak dekat dan jauh. Untuk jenis penyakit ini lebih disarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayur. Dalam penggunaan kacamata penderita presbiopi menggunakan kacamata berlensa rangkap, yakni lensa cembung dan lensa cekung.

2. Miopi Miopi merupakan jenis atau macam penyakit mata rabun jauh. Lebih dikarenakan mata kurang beristirahat, terlalu lama didepan monitor. Adapun gejala yang dapat dirasakan yakni sering pusing, mata sering merasa perih jika dipergunakan dalam jangka waktu yang cukup lama dan tanpa istirahat. Jenis kacamata yang dapat digunakan oleh penderita penyakit miopi ialah kacamata berlenca cekung atau minus. Disarankan lebih banyak mengkonsumsi wortel dan tomat. Baik dikonsumsi secara langsung atau dibuat dalam bentuk minuman.

3. Trachoma Penyakit trachoma merupakan jenis atau macam penyakit mata yang dapat dikarenakan faktor yang berasal dari lingkungan yang telah tercemar. Sebagai tanda penyakit trachoma ialah mata merah dan dapat membengkak. Penyakit trachoma dapat menular sehinga harus diwaspadai. Biasanya penyakit trachoma diobati menggunakan tetes mata.

4. Konjungtivitis Konjungtivitis ialah penyakit mata yang diakibatkan oleh infeksi selaput yang melapisi mata. Jenis atau macam penyakit mata konjungtivitis dapat dilihat melalui gejalanya, diantaranya mata memerah, gatal, nyeri dan keluar cairan dari mata serta mengakibatkan pandangan menjadi kabur. Konjungtivitis dapat sebagai akibat dari polusi, infeksi, bakteri dan penggunaan lensa kontak yang kurang bersih, penyakit ini bersifat menular.

5. Trakoma Adanya bakteri chlamydia trachomatis yang menjadikan mata infeksi sehingga mengakibatkan penyakit trakoma. Bakteri jenis ini sangat cocok tinggal pada daerah yang kotor. Biasanya terkena bakteri chlamydia ketika memegang sesuatu yang telah tercemari oleh bakteri ini.

6. Belekan Untuk jenis atau macam penyakit mata belekan lebih dikarenakan oleh virus yang terkadang telah bercampur dengan bakteri. Belekan menyebabkan mata merah, gatal, dan nyeri sehingga akan terasa sakit dan mengeluarkan kotoran dari ujung mata. Belekan ini biasanya bulu mata akan saling menempel ketika bangun tidur dipagi hari.

Itulah beberapa macam penyakit mata yang sering menyerang kita. Hendaklah kita senantiasa menjaga kesehatan mata kita agar mata selallu sehat.Macam Penyakit Mata

Advertisement
Macam Penyakit Mata | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami