Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Mental Dan Fisik

Advertisement

Bungkusdah – Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Mental Dan Fisik – Yoga atau meditasi mempunyai manfaat bagi kesehatan mental dan tubuh kita sebagai pengobatan alternatif. Aktivitas yoga sudah banyak dilakukan sejak  zaman dahulu oleh nenek moyang kita sejak zaman hindu. Secara harfiah makna dari yoga adalah “penyatuan dengan alam atau penyatuan dengan Sang Maha Pencipta. Orang yang sedang melakukan meditasi atau yoga dengan mengontrol seluruh panca indra, konsentrasi kekuatan pikiran dan seluruh anggota tubuh. Karena manfaat yoga terhadap kesehatan  bisa dirasakan, sekarang yoga menjadi terkenal dan banyak dilakukan oleh orang-orang sebagai cara alternatif untuk mendapatkan kesehatan fisik  bukan sekendar bentuk kegiatan spiritual saja.

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Mental Dan Fisik

Manfaat-Yoga-Bagi-Kesehatan-Mental-Dan-Fisik

Nah berikut ini beberapa Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Mental Dan Fisik yang bisa kita perolah jika kita mau melakukannya secara rutin dan teratur.

Manfaat yoga untuk kesehatan mental:

1. Yoga mampu mengurangi pikiran yang stres.  Berbagai masalah dalam kehidupan sehari yang mengurah pikiran yang membuat kita stres bisa kita kurangi dengan konsentrasi dalam aktivitas yoga. Karena konsetrasi merupakn sarana untuk merelaksasi pikiran sehingga pikiran kembali fres dan beban-beban pikiran baik yang ringan maupun berat akan mencair.

2. Menenangkan mental dan kesiagaan tubuh. Dengan melakukan yoga pikiran kan menjadi lebih tenang. Gerakan-gerakan halus pada yoga akan memberikan keselarasan dan meningkatkan kesiagaan dan kesadaran pada tubuh.

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Mental Dan Fisik

Manfaat-Yoga-Bagi-Kesehatn-Mental-Dan-Fisik

Manfaat yoga untuk kesehatan fisik :

1. Melancarkan pernapasan. Pranayama atau latihan pernapasan pada yoga melatih kita untuk bernapas menggunakan paru-paru yang akan membantu membersihkan saluran pernapasan dari hidung hingga ke paru-paru yang akan memberikan ketenangan hingga ke sistem saraf pusat.

2. Meningkatkan fleksibilitas tubuh. Gerakan-gerakan pada yoga akan membuat tubuh menjadi lebih fleksibel, meningkatkan kelenturan pada tubuh pada bagian bahu, punggung,pinggul dan paha bagian belakang.

3. Meningkatkan kekuatan dan mengembangkan otot. Gerakan menyeimbangkan tubuh hanya dengan satu kaki dan gerakan-gerkan yang menopang berat badan akan memberikan manfaat dalam meningkatkan kekuatan dan masa otot. Sehingga otot tubuh menjadi kencang.

4. Mencegah dan menghilangkan rasa nyeri atau sakit pada punggung. Sering duduk berlama-lama didepan komputer atau mengemudikan kendaraan membuat punggung menjadi terasa kaku dan sakit. Dengan rutin melakukan yoga, tubuh kita menjadi lebih fleksibel dan meningkatkan kekuatan otot. Dengan gerakan – gerakan yoga tulang dan otot yang kaku akan kembali melemas sehingga mencegah rasa nyeri dan sakit pada punggung.

Demikian artikel kami tentang Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Mental Dan Fisik yang semoga bermanfaat bagi anda para pembaca.

Advertisement
Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Mental Dan Fisik | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami