Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Mendeteksi Bahaya Dari Bau Pada Mobil

Advertisement

Mendeteksi Bahaya Dari Bau Pada Mobil-Bungkusdah.com– Bau pada mobil yang muncul bisa menjadi tanda adanya masalah pada mobil yang bisa membahayakan keselematan Anda. Oleh karena itu jika mobil Anda tiba-tiba mengeluarkan bau yang tidak sedap sebaiknya segera Anda bawa ke bengkel untuk dilakukan perawatan dan perbaikan pada komponen-komponen yang rusak sehingga mobil Anda bisa Anda kendarai kembali dengan aman dan nyaman.

Nah kali ini Bungkusdah.com akan berbagi info untuk Anda tentang tips mendeteksi bahaya pada mobil dari bau yang muncul dari mobil, mengingat pentingnya kita mengetahui dan mendeteksi sejak awal terhadap bau pada mobil agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mendeeteksi-Bahaya-Dari-Bau-Pada-Mobil

1. Bau Bensin

Bau bensin bisa saja muncul di kabin mobil, dan ini bisa terjadi tidak hanya pada mobil-mobil yang sudah tua tetapi bisa juga terjadi pada mobil baru. Munculnya bau bensin pada kabin bisa terjadi karena adanya kerusakan atau kebocoran pada sistem pasokan bensin atau bahan bakar. Kebocoran pada sistem pasokan ini bisa menyebabkan kebakaran karena adanya percikan atau tekanan uap yang bisa menyebabkan terjadinya ledakan.Baca Juga: Tips Cara Menangani Mobil Lepas Kendali

Kemungkinan kobocoran pada sistem pasokan ini bisa terjadi di tiga tempat antara lain.

–          Pipa saluran bensin, karena pipa saluran bensin terbuat dari karet maka ada kemungkinan terjadi kebocoran atau kobocaran bisa terjadi pada sambungan antar pipa yang tidak rapat. Dan ini bisa berbahaya karena kebocoran terjadi di ruang mesin.

–          Tangki bensin, kebocoran pada tangki bensin sangat mungkin terjadi karena terjadi pengeroposan pada tangki bensin.

–          Saringan bensin, biasanya terjadi pada sambungan yang tidak rapat dengan pipa saluran bensin. Ini juga berbahaya karena letak saluran bensin berada di ruang mesin.

2. Bau Asap Knalpot

Bau asap knalpot yang muncul tidak hanya menyengat hidung tetapi juga terasa pedih di mata. Ini terjadi karena adanya asap buangan yang masuk ke dalam kabin. Asap buang dari knalpot ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena mengandung karbon monoksida.

Ada tiga kemungkinan yang menyebabkan asap buang masuk ke dalam kabin.

–          Kebocoran pada pipa knalpot, ini terjadi karena material bahan knalpot yang bisa keropos dan bocor baik pada batang maupun sambungan.

–          Karet pintu yang tidak rapat atau ada lubang pada body mobil sehingga menjadi jalur masuknya asap knalpot.

–          Lubang ventilasi terbuka sehingga bau asap knalpot bisa masuk ke dalam kabin. Baca Juga: 4 Hal Yang Menjadi Penyebab Mobil Bergetar

3. Bau Karet yang Terbakar

Bau karet terbakar ini sudah familiar dan sudah tidak asing lagi bagi para pengguna mobil. Bau karet terbakar ini tidak membahayakan bagi kesehatan, namun penyebab atau sumber dari munculnya bau karet terbakar ini bisa fatal terhadap kondisi mobil, karena munculnya bau karet terbakar ini bisa saja berasal dari karet-karet yang terdapat pada kompone penggerak.

Ada dua kemungkinan penyebab munculnya bau karet terbakar yaitu tali alternator yang hampir putus karena tali ini akan bergerak dengan kecepatan tinggi pada saat mesin mobil menyala. Dan jika kondisi tali alternator ini sudah aus maka karetnya tidak bisa mencengkram rotor dan malah akan tergesek-gesek. Jika sudah seperti ini harus segera ganti tali alternator.

Penyebab yang kedua munculnya bau karet terbakar adalah karet kopling. Ini biasanya terjadi karena kesalahan pengemudi dalam mengatur ritme laju mobil pada saat melaju di tanjakan. Akan tetapi bisa juga disebabkan karena kondisi kopling yang sudah tidak bagus lagi. Segera ganti kopling dari pada mobil tidak bisa jalan.

4. Bau Oli yang Menyegat

Bau oli yang menyengat disebabkan karena adanya kebocoran pada seal yang melapisi blok mesin sehingga oli akan merembes melalui seal dan oli rembesan ini akan menguap karena panas dari mesin. Akibat rembesan ini maka volume oli di dalam mesin akan berkurang. Sangat disarankan untuk segera mengganti seal yang bocor dan tidak memaksakan mobil untuk dijalankan karena pelumasan mesin tidak berjalan dengan baik sehingga bisa mengakibatkan kerusakan mesin yang sangat parah. Baca Juga: Tips Jual Mobil Bekas Dapat Harga Bagus

5. Bau Wangi yang Tidak Wajar dari Mesin

Jika mencium bau wangi tidak wajar dari mesin segera cek asap gas buang. Jika asap berwarna dan tebal kemungkinan terjadi sesuatu pada ruang pembakaran. Masalah seperti ini biasanya terjadi karena seal pelapis pada ruang cairan pendingin dengan  ruang pembakaran bocor sehingga cairan pendingin ikut terbakar, Jika masalah ini tidak segera di tangani maka kinerja mobil mesin semakin berat dan mobil menjadi lebih boros bahan bakar.

Itula bau pada mobil yang sering muncul yang menjadi tanda adanya kerusakan pada komponen-komponen mobil. Lakukan perawatan mobil secara rutin agar mobil nyaman dan aman untuk dikendarai.Mendeteksi Bahaya Dari Bau Pada Mobil

Topik yang dicari:

penyebab asap knalpot mobil perih dimata
Advertisement
Mendeteksi Bahaya Dari Bau Pada Mobil | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami