Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Meningkatkan Kualitas Hidup Dengan Mengikuti Jam Tubuh

Advertisement

Meningkatkan Kualitas Hidup Dengan Mengikuti ┬áJam Tubuh – Bungkusdah.com– Ritme sirkadian atau lebih mudah kita kenal dengan jam tubuh sangat berkaitan dengan mood, kualitas hidup dan juga kualitas maupun kuantitas tidur. Hal ini terbukti dengan hasil temuan sebuah penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Dr. Tracey Sletten seorang peneliti dari Sleep and Circadian Medicine Laboratory, Monash University di Melbourne, Australia. Dr Tracey Sletten menyebutkan bahwa jam tubuh atau ritme circadian sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup seseorang. Untuk itu penting bagi kita untuk mengatur pola tidur yang baik dengan memperhatikan jam tubuh kita.

Meningkatkan-Kualitas-Hidup-Dengan-Mengikuti-Jam-Tubuh

Dr. Tracey Sletten dalam penelititiannya dengan melakukan uji coba kepada 43 orang dewasa dengan periode selama dua periode.

Pada periode pertama penelitian jam tubuh ini, para partisipan diminta untuk tidur selama 8 jam setiap harinya ketika mereka merasa ngantuk. Dan dari data hasil penelitian pada periode ini ditemukan bahwa tubuh manusia akan merasa mengantuk pada pukul 21.50 hingga pukul 01.00 dini hari.Baca Juga: Pemanfaatan Waktu Luang Untuk Kesehatan

Dan pada periode yang kedua para partisipan diminta untuk mengurangi jumlah jam tidur mereka dalam minggu pertama yang semula 8 jam setiap hari dikurangi menjadi 5 jam setiap hari. Kemudian pada minggu ke dua para partisipan diminta lagi mengurangi jam tidurnya yaitu menjadi 3 jam setiap hari. Hasil dari data penelitian pada periode ini ditemukan bahwa hormon melatonin penyebab ngantuk berkurang karena pengurangan jam tidur sehingga jam tubuh menjadi tidak teratur atau rusak. Tidak teraturnya jam tubuh inilah yang menyebabkan orang bangun pagi masih merasa ngantuk, lemas, menjadi merasa mudah lelah dan letih, sulit berkonsentrasi, sering mengantuk, tidak bersemangat.

Hal hal tersebut diatas membuat kualitas hidup seseorang menjadi menurun dan dari merasa lelah, letih dan mudah mengantuk serta tubuh terasa pegal-pegal orang bisa menjadi malas, mudah marah, gelisah, mudah stress. Dr. Tracey Sletten menjelaskan bahwa hal tersbut disebabkan karena pengaruh hormone melatonin yang tidak teratur karena jam tubuh yang tidak teratur dan berubah ubah.

Kondisi tersebut tentu sangat mempengaruhi aktivitas sehari-sehari baik perkerjaan maupun sekolah karena tubuh masih merasa ngantuk.

Oleh karena itu Dr. Tracey Sletten sangat menyaran kepada semua orang untuk mengetuhui jam tubuh masing-masing dan mengikuti jam tubuh mereka. Dengan mengikuti jam tubuh maka kualitas tidur juga akan lebih baik dan kualitas hidup juga akan lebih baik karena tidak lagi merasakan mudah lelah, mengantuk, malas, gelisah dan stress atau mudah marah.

Mengingat banyaknya aktivitas kita sehari hari, sangat perlu kita lakukan manajemen jam tubuh yang baik agar kita bisa mendapatkan tidur yang berkualitas agar kualitas hidup kita juga tetap terjaga dengan baik. Itulah hasil peneletian Dr. Tracey Sletten mengenai jam tubuh yang bisa Bungkusdah bagikan untuk Anda dan semoga Anda bisa menemukan jam tubuh Anda masing-masing dan kualitas hidup Anda juga menjadi lebih baik lagi. Meningkatkan Kualitas Hidup Dengan Mengikuti  Jam Tubuh

Advertisement
Meningkatkan Kualitas Hidup Dengan Mengikuti Jam Tubuh | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami