Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Menjaga Kesehatan Mata Anak

Advertisement

Bungkusdah – Menjaga Kesehatan Mata Anak Masalah kesehatan mata tidak hanya dapat terjadi pada orang dewasa, tetapi juga pada anak-anak. Biasanya penyebab terjadinya gangguan kesehatan mata anak disebabkan oleh lingkungan sekitar dan juga kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan oleh anak. Apalagi di jaman sekarang dimana sudah banyak terdapat penggunaan alat elektronik sejak kecil, cahaya-cahaya yang dimiliki oleh alat-alat elektronik seperti televisi, laptop, monitor komputer, tablet, telepon genggam, dan sebagainya dapat merusak mata jika penggunaan alat elektronik tersebut tidak dilakukan secara baik dan benar ataupun tidak dengan pengawasan orang tua. Anak-anak yang menyukai bermain game terutama dapat dengan mudah terjangkit gangguan kesehatan mata, karena biasanya mereka bermain tidak dalam jarak yang tepat antara mata dan layar permainan mereka, baik itu televisi, laptop, komputer, dan sebagainya, dan pencahayaan yang berlebihan, dan juga waktu bermain mereka yang biasanya sangat lama. Kondisi-kondisi tersebut merupakan faktor penyebab dari banyaknya anak-anak yang sudah menggunakan kacamata sejak dini. Maka dari itu, harus dilakukan pencegahan sejak dini tentang masalah gangguan kesehatan mata anak. Karena tentu saja anak-anak tidak mungkin bisa menjaganya seorang diri, kita sebagai orang tua yang harus ikut serta dan peduli terhadap pencegahan tersebut.

Menjaga-Kesehatan-Mata-Anak

Peran orang tua sangatlah penting dalam menjaga kesehatan mata anak. Orang tua bisa mulai melakukan pencegahan gangguan kesehatan mata pada anaknya dengan melakukan pemeriksaan baik di dokter anak maupun dokter mata. Pemeriksaan tersebut harus segera dilakukan sebelum terlambat. Para orang tua juga harus mengenal macam-macam gangguan kesehatan mata pada anak seperti rabun jauh (miopi), rabun dekat, silindris, ambliopia (mata malas), strabismus (mata juling), retinoblastoma, dan lain-lain, agar dapat dilakukan pencegahan ataupun pengobatan yang benar. Selain itu, kita juga dapat mencegah gangguan kesehatan mata sejak dini pada anak dengan berbagai macam cara, yaitu bisa dengan mengurangi anak dalam menonton televisi atau bermain game dalam waktu yang cukup lama, biarkan mata anak beristirahat sejenak, beri pencahayaan yang cukup, dan perhatikan jarak mata anak dengan layar televisi. Sebisa mungkin kurangi kebiasaan tersebut. Kemudian pencegahan masalah kesehatan mata pada anak bisa juga dengan mengatur kebiasaan membaca anak dengan posisi yang benar(jarak baca 30 cm dengan posisi duduk), pencahayaan yang cukup, tidak terlalu terang maupun remang-remang, cahaya dari arah belakang atau samping, jangan biarkan anak membaca sambil tidur-tiduran karena dapat membuat mata cepat lelah dan menyebabkan kerusakan mata. Berikan anak makanan yang menyehatkan mata, bisa dengan makanan empat sehat lima sempurna yang di dalamnya juga terdapat makanan yang menyehatkan mata seperti makanan-makanan yang mengandung vitamin A alami. Makanan yang bersifat fast food lebih baik dihindari.

Pencegahan-pencegahan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan mata anak lebih baik dilakukan sejak dini sebelum terlambat. Karena jika sudah terjangkit gangguan kesehatan mata, akan sulit untuk menyembuhkan total mata dari penyakit yang sudah menjangkit, biasanya hanya bisa berkurang, tidak sembuh sepenuhnya. Sangat disayangkan jika anak usia dini sudah menderita masalah kesehatan mata, atau sudah menggunakan kacamata dan sebagainya. Alangkah baiknya jika kita sebagai orang tua ataupun sanak saudara dapat menjaga terus kesehatan mata anak dalam keluarga.

Advertisement
Menjaga Kesehatan Mata Anak | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami