Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Advertisement

Bungkusdah – Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer – Menjaga kesehatan mata sangat penting karena mata merupakan indra yang sangat penting, anda bisa bayangkan betapa susahnya jika pandangan mata kita terganggu. Hampir semua kelompok masyarakat sudah menggunakan komputer sekarang ini, baik untuk bekerja, bermain game, berkomunikasi, mengisi waktu luang, dan lain-lain. Dari segala manfaat dan fungsi yang dapat diberikan oleh komputer, terdapat juga beberapa kerugian bagi penggunanya. Terlalu lama duduk dan menatap layar komputer, dapat menyebabkan kelelahan pada mata sehingga mata menjadi merah, bengkak, berair, dan bila beberapa masalah kesehatan mata tersebut dibiarkan dan tetap menghadapi komputer dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Maka dari itu, para pengguna komputer ataupun pekerja yang mengharuskan mata untuk tetap aktif agar dapat menyelesaikan pekerjaan di depan layar komputer, harus memperhitungkan beberapa tips yang akan diberikan pada artikel ini. Tips-tips ini merupakan beberapa cara bagi pengguna komputer agar dapat tetap memiliki mata yang sehat walau harus bekerja giat di depan layar komputer.

Menjaga-Kesehatan-Mata-Bagi-Pengguna-Komputer

Pengguna komputer, dapat menjaga kesehatan matanya dengan mengatur pencahayaan komputernya. Sebaiknya kurangi kecerahan layar monitor komputer sehingga tidak terlalu silau, tapi juga tidak terlalu gelap. Fleksibilitas mata sangat dipengaruhi oleh sinar pada layar monitor komputer sehingga haruslah bagi para pengguna untuk mengistirahatkan matanya jika memaksakan diri menatap layar komputer dengan pencahayaan maksimal. Pengguna komputer harus menyeimbangkan cahaya pada layarnya agar seimbang dengan cahaya lampu di sekitar atau di dalam ruangan yang digunakan, jangan gunakan pencahayaan yang lebih terang dari cahaya di sekitar. Bagi pengguna komputer pula, sangat penting untuk menggunakan filter monitor, agar radiasi yang dipancarkan monitor berkurang.Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Gunakan monitor yang memang tidak mengalami kerusakan, karena ketidakkonsistenan gambar pada layar dapat mengganggu penglihatan mata. Sesering mungkin bersihkan layar monitor dari debu dan kotoran agar penglihatan terhadap layar tidak terganggu. Atur posisi monitor dengan baik, posisikan pula mata anda agarĀ  mendapatkan posisi melihat yang pas dan tidak memaksakan mata anda untuk bekerja lebih banyak. Posisikan monitor 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus. Bukan hanya mata yang akan mendapatkan kenyamanan, tapi juga leher dan bahu anda. Gunaka tulisan atau gambar pada komputer dengan ukuran yang cukup besar agar tidak membuat mata lelah karena berusaha lebih untuk dapat melihat tulisan dan gambar yang sangat kecil. Jangan lupa untuk selalu mengistirahatkan mata anda jika sudah dalam waktu kerja mata yang cukup lama, relaksasikan mata anda secukup mungkin, pejamkan sejenak, jangan mengucek mata, dan sering-seringlah berkedip. Kegiatan istirahat tersebut dilakukan agar ketegangan mata menurun dan menjaga mata agar tetap basah dan sejuk. Setiap 30 menit, sebisa mungkin lakukan kegiatan ini agar mata kembali segar. Dan terakhir tentu saja jangan sampai lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A.

Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer Kesehatan mata harus selalu kita jaga, jangankan bagi pengguna komputer, bagi anak-anak hingga orang dewasa yang tidak terlalu sering menggunakan komputer pun harus selalu menjaga kesehatan matanya dengan baik. Mata merupakan panca indera yang sangat penting, sekali mata anda rusak, maka sulitlah sudah untuk menyembuhkannya. Maka dari sekarang, jagalah terus mata anda dari sinar radiasi layar monitor yang dapat mengganggu kesehatan mata anda.

Advertisement
Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami