Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Pembatasan Pasokan BBM Subsidi

Advertisement

Bungkusdah – Pembatasan Pasokan BBM Subsidi Sudah dua pekan kelangkaan BBM subsidi terjadi diberbagai daerah dan mengakibatkan antrean panjang di setiap SPBU. Antrean panjang kendaraan-kendaraan di setiap SPBU di beberapa daerah dan masyarakat terlihat seperti berebut untuk mendapatkan bahan bakar minyak karena mereka takut tidak mendapatkan BBM bersubsidi. Aksi panic buying masyarakat ini akibat beberapa hari beberapa SPBU di berbagai daerah untukĀ  pasokan BBM bersubsidi yang sekarangĀ  dibatasi oleh PT Pertamina (Persero).

Pembatasan-Pasokan-BBM-Subsidi

Pembatasan-Pasokan-BBM-Subsidi

Rata-rata SPBU mendapatkan pengurangan pasokan BBM hampir mencapai separuh dari pasokan pada hari biasanya. Yang biasanya mendapatkan pasokan 20.000 liter kini pasokan hanya 10.000 liter perhari . Stasiun Pengisian Bahan Bkar UMUM (SPBU) yang biasanya melayani hingga 24 jam kini pada pukul 19.00 malam sudah tidak bisa melayani pembelian BBM bersubsidi karena stock habis. Pembatasan Pasokan BBM Subsidi ini memang dilakukan oleh PT Pertamina (Persero). PT Pertamina (Persero) memangkas jatah pasokan tiap SPBU terutama di Indonesia wilayah barat untuk premium 5% sedangkan solar 20%. Kondisi seperti ini memang berat dan terpaksa dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) karena kalau tidak dilakukan pembatasan maka stock BBM bersubsidi tidak akan bisa mencukupi hingga Desember 2014.

Pembatasan-Pasokan-BBM-Subsidi

Pembatasan-Pasokan-BBM-Subsidi

Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Jero Wacik membenarkan adanyan pembatasan pasokan BBM bersubsidi. Jatah pasokan BBM bersubsidi di daerah-daerah memang di kurangi atau dipangkas, ini terpaksa dilakukan agar kuota BBM bersubsidi yaitu sebesar 46 juta kilo liter bisa dipastikan akan cukup hingga akhir Desember 2014 nanti. Kuota BBM subsidi 46 juta kilo liter kalau tidak dibatasi tidak akan cukup hingga desember 2014. Langkah pembatasan pasokan BBM bersubsidi merupakan langkah atau pilihan yang paling efektif dan efisien yang telah dibahas agar anggaran subsidi BBM tidak melonjak dari alokasi APBN- P tahun 2014.

Pembatasan-Pasokan-BBM-Subsidi

Pembatasan-Pasokan-BBM-Subsidi

Pembatasan Pasokan BBM Subsidi menurut Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina Hanung Budya, PT Pertamina hanya memotong alokasi atau penyaluran harian untuk setiap SPBU semisal untuk premium dipangkas 5% maka semisal jatah SPBU 20.000 liter maka yang dipangkas hanya 1.000 liter perhari. Dan Hanung Budya juga menambahkan dari pemangkasan kuota harian BBM subsidi untuk SPBU premium 5% dan solar 20% akan diganti dengan BBM non subsidi seperti pertamax,pertadex, solar dan premium non subsidi.

Dan yang terjadi di masyarakat sebenarnya hanya (kepanikan) panic buying yang sebenarnya tidak perlu terjadi karena jika premium habis pada sore hari maka esok akan ada lagi.

Advertisement
Pembatasan Pasokan BBM Subsidi | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami