Penetapan 1 Ramadhan 1433 atau Awal Puasa 2013

Advertisement

Bungkusdah.com – Penetapan 1 Ramadhan 1433 H oleh Muhammadiyah. Marhaban ya Ramadhan, tak terasa Ramadhan akan segera bertamu kembali. Semoga kita semua diberi panjang umur untuk bertemu dengan tamu yang mulia ini. Untuk tahun ini, kita masih menunggu Ormas Muhammadiyah untuk mengeluarkan maklumat berisi tentang penetapan tanggal 1 Ramadhan 1433 H atau awal puasa 2013. Biasanya maklumat berisi informasi penetapan 1 Ramadhan tersebut diterbitkan melalui situs resmi Ormas Muhammadiyah

Kita sebagai umat Islam tentu menginginkan agar akan kebersamaan dalam menjalankan ibadah puasa termasuk dalam penentuan 1 Ramadhan dan 1 Syawal. Berkenaan dengan hal ini, dua Ormas umat islam terbesar di tanah air Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah terus berusaha mencapai kompromi agar penentuan awal bulan Islam, termasuk 1 Ramadhan, menjadi kesepakatan bersama.
ramadhan muhammadiyah
“Kita berjuang keras agar tercapai kompromi (dengan NU)”, Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah Syamsul Anwar.

Namun, persoalannya adalah umat islam saat ini belum menyepakati sistem waktu Islam seperti yang diutarakan oleh Syamsul Anwar,”Tapi persoalannya bukan hanya kompromi. Persoalannya adalah umat Islamtidak mempunyai sistem waktu Islam sehingga Hari Raya tidak bisa dirayakan secara serentak,”.NU menggunakan perhitungan hisab sedangkan Muhammdiyah berpatokan pada rukyat.

Namun begitu sebagai umat islam hendaknya tetap saling memahami, menghargai, dan menghormati adanya perbedaan tersebut serta tetap mengutamakan kemaslahatan, ukhuwah dan toleransi umat Islam.

Kami akan terus mengupdate berita ini begitu kami mendapat informasi mengenai penetapan 1 Ramadhan dari situs resmi Ormas Muhammadiyah.

Topik yang dicari:

penetapan 1 syawal tahun 2014
Advertisement
Penetapan 1 Ramadhan 1433 atau Awal Puasa 2013 | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami