Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Penyakit Lupus Dan Cara Pengobatannya

Advertisement

BungkusdahPenyakit Lupus Dan Cara Pengobatannya – Ketika kita kulit kita tiba – tiba mengalami peradangan atau alergi seperti timbul ruam kemerahan berbentuk seperti kupu-kupu yang  muncul di pipi sering kita timbul rasa kekhawatiran jangan -jangan kita terkena penyakit lupus. Mungkin banyak diantara kita yang belum tahu pasti apa sebenarnya penyakit lupus itu? Penyakit lupus ini sebenarnya adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang berlebihan atau yang disebut dengan istilah autoimune disease yaitu imun atau sistem kekebalan tubuh yang over ketika terjadi suatu rangsangan sehingga banyak membuat antibodi yang justru menyerah pada jaringan atau sel-sel  tubuh kita sendiri sehingga menimbulkan peradangan yang cukup kronis. Jadi penyakit lupus ini seperti kebalikan dari penyakit HIV/AIDS atau kanker. Penyebab penyakit lupus ini bisa disebabkan oleh faktor genetik , lingkungan dan juga bisa dipicu dari efek negatif dari obat penurun tekanan darah, obat anti kejang dan juga antibiotik. Namun penyakit lupus tidak menular hanya resiko penyakit lupus bisa saja diturunkan atau dalam istilah mudahnya faktor keturunan.

Penyakit Lupus Dan Cara Pengobatannya

Penyakit-Lupus-Dan-Cara-Pengobatannya

Penyakit lupus ini tidak hanya menyerang pada kulit saja. Penyakit lupus terbagi menjadi tiga bentuk : Cutaneus Lupus, penyakit lupus ini yang menyerang bagian kulit. SLE (Systemic Lupus Erythematosus) penyakit lupus ini lebih menyerang pada organ-organ bagian dalam seperti jantung, otak, ginjal, paru-paru, pembuluh darah, hati, darah, persendian dan juga syaraf dan yang ketiga adalah DIL (Drugs Induced Lupus) yaitu penyakit lupus yang disebabkan pengaruh dari obat-obatan tertentu. Untuk gejala penyakit lupus ini sulit dideteksi karena memiliki tanda atau ciri-ciri yang hampir sama dengan penyakit-penyakit lain. Dan yang bisa menjadi tanda yang khas adalah munculnya ruam yang muncul pada wajah terutama pada area kedua pipi yang menyerupai kupu-kupu. Penyakit Lupus Dan Cara Pengobatannya.

Penyakit Lupus Dan Cara Pengobatannya

Penyakit-Lupus-Dan-Cara-Pengobatannya

Mengenai cara pengobatan penyakit lupus ini harus dilakukan secara bertahap dalam jangka panjang sebab penyakit lupus ini termasuk penyakit kronis dan tidak hanya dengan melihat beberapa gejala yang muncul saja kemudian diberikan obat yang untuk menyembuhkan gejala. Pengobatan penyakit lupus harus berdasarkan pada pertimbangan yang sangat cermat terhadap resiko, manfaat dan efek obat yang akan diberikan. Beberapa obat yang bisa dan sering digunakan untuk mengontrol penyakit lupus antara lain obat penekan sistem kekebalan tubuh, bisa juga dengan menggunakan obat anti malaria, obat untuk mengobati pembengkakan dan nyeri yang berhubungan dengan penyakit lupus  dan obat kortikosteroid. Yang tentunya dalam pengggunaan obat – obat tadi harus berdasarkan pada resep dokter mengingat dari obat-obatan tersebut juga mempunyai efek terhadap organ-organ tubuh kita yang lain. Yang paling penting jika anda merasakan munculnya gejala-gejala penyakit lupus sebaiknya segera anda periksa ke dokter. Naah demikian tadi artikel tentang  Penyakit Lupus Dan Cara Pengobatannya yang semoga menambah wawasan dan pengetahuan kita dan tentunya bermanfaat.

Advertisement
Penyakit Lupus Dan Cara Pengobatannya | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami