Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Penyebab Gigi Sensitif

Advertisement

Penyebab Gigi Sensitif – Mungkin anda sudah rajin menyikat gigi tapi pada saat makan es krim atau minum yang dingin-dingin, yang panas dan manis atau asam tiba-tiba gigi anda terasa ngilu yang pendek dan tajam. Padahal anda sudah yakin sudah rajin menyikat gigi sehari 2 kali pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur dan anda juga sudah yakin bahwa gigi anda tidak ada yang berlubang atau ada gigi yang goyang. Tapi anda masih merasakan ngilu saat makan atau minum yang dingin,, panas, manis dan asin. Rasa ngilu yang tiba-tiba muncul pada saat kita makan bisa membuat nafsu makan dan acara makan bersama anda menjadi terganggu. Itu artinya anda mengalami gigi sensitif.

Penyebab Gigi Sensitif

Penyebab Gigi Sensitif

Lalu apa yang menjadi penyebab gigi anda tiba-tiba ngilu atau sensitif? Penyebab Gigi Sensitif ini sebenarnya bukan disebabkan oleh plak atau bakteri atau ada gigi yang berlubang atau gigi goyang. Yang menjadi penyebab gigi sensitif atau gigi ngilu sebenarnya adalah disebabkan oleh perubahan struktur gigi. Nah perubahan struktur pada gigi ini disebabkan oleh penipisan pada lapisan luar gigi atau yang disebut email gigi sehinggan lapisan tengah pada gigi yang disebut dengan dentin menjadi terbuka. Nah dentin ini terdiri dari tabung-tabung kecil yang disebut dengan tabula yang menyambung  hingga ke ujung saraf dan dipenuhi dengan cairan. Pada saat anda makan atau minum yang dingin-dingin atau panas, rasa manis atau asam apabila cairan pada dentin ini terkena rangsangan oleh rasa dingin, panas, manis dan asam maka cairan pada dentin akan bergerak. Naah gerakan cairan inilah yang menyebabkan ujung saraf bereaksi sehingga menimbulkan rasa ngilu yang pendek dan tajam pada gigi.

Penyebab Gigi Sensitif

Penyebab Gigi Sensitif

Setelah kita mengetahui penyebab gigi sensitif akibat dari perubahan struktur pada gigi sebaiknya kita ketahui juga apa penyebab struktur gigi berubah sehingga gigi menjadi sensitif. Penyebab terjadinya gigi sensitif ini sebenarnya berawal dari kebiasaan kita sehari-hari yang kadang kita anggap sepele.

1. Kebiasaan menggosok gigi dengan keras serta menggunakan bulu sikat gigi yang kasar dan sudah mekar ini akan menyebabkan penipisan pada lapisan luar gigi atau email gigi dan menyebabkan dentin menjadi terbuka. Dan akibatnya gigi menjadi sensitif.

Penyebab Gigi Sensitif

Penyebab Gigi Sensitif

2. Menggertak-gertakkan gigi. Ada beberapa orang yang mempunyai kebiasaan menggertak-gertakkan gigi baik pada saat diam maupun sedang tidur. Kebiasaan buruk ini secara pelan-pelan akan mengakibatkan email gigi atau lapisan luar gigi menjadi tipis sehingga dentin gigi menjadi terbuka. Sehingga gigi menjadi sensitif.

3. Jarang memeriksakan kesehatan gigi dan gusi ke dokter. Jika anda tidak  memerikasakan gigi anda ke dokter gigi anda tidak tahu ada gangguan pada gusi yang disebut dengan gingivitis (pergerakan struktur gusi) atau gusi turun. Jika anda terlambat memeriksakan kondisi gigi dan gusi anda ke dokter dan gusi anda sudah turun maka akan menyebabkan adanya area pada gigi yang pada awalnya terlindungi oleh gusi menjadi terbuka dan dentin gigi menjadi terbuka. Naah kondisi dentin gigi yang terbuka ini akan menyebabkan gigi terasa ngilu yang tajam pada saat anda memakan makanan atau minuman yang dingin, panas, manis dan asam.

Nah itu tadi Penyebab Gigi Sensitif, sangat penting sekali kita merawat dan menjaga kesehatan gigi dan gusi kita dengan rajin menyikat gigi dengan baik dan benar dan rajin periksa gigi ke dokter. Perhatikan hal-hal kecil seperti sikat gigi yang sudah kaku dan keras dan sebisa mungkin hentikan kebiasaan menggertak-gertakkan gigi karena akan merusak struktur gigi dan gusi anda sehingga gigi menjadi sensitif.

Advertisement
Penyebab Gigi Sensitif | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami