Penyebab Pencemaran Suara dan Dampaknya

Advertisement

Masih pada pembahasan tentang pencemaran, jika sebelumnya kita membahas tentang penyebab pencemaran tanah maka kali ini kita akan mengupas habis salah satu jenis pencemaran yang sedang meningkat seiring dengan perkembangan jaman yaitu pencemaran suara.
pencemaran suara
Pengertian Pencemaran Suara
Pencemaran suara adalah suatu kondisi lingkungan dimana suara yang masuk ke sistem pendengaran manusia terlalu banyak sehingga mengganggu kenyamanan bahkan dapat mengakibatkan rusaknya organ pendengaran. Dalam kata lain, pencemaran suara adalah kondisi kebisingan yang intensitasnya telah melebihi 80 Desibel. Bila seseorang terlampau sering berada dalam lingkungan tersebut dapat mengganggu dan merusak pendengaran manusia.

Salah satu sumber kebisingan yang saat ini banyak kita jumpai adalah mesin industri, kendaraan bermotor, dan pesawat terbang. Selain itu mendengarkan musik dengan menggunakan earphone yang terlalu keras dan sering juga dapat dikategorikan sebagai pencemaran suara. Bahkan, hal tersebut dapat menyebabkan cacat permanen.

Dibawah ini adalah jenis-jenis kebisingan sebagai sumber pencemaran suara.
- Kebisingan yang terus-menerus dengan jangkauan frekuensi yang sempit, misalnya, mesin gergaji;
- Kebisingan yang terputus-putus, misalnya, suara arus lalu lintas atau pesawat terbang;
- Kebisingan impulsif, misalnya, tembakan, bom, atau suara ledakan;
- Kebisingan impulsif berulang, misalnya, suara mesin tempa

Sebagai perbandingan, dibawah ini adalah intensitas suara yang dihasilkan oleh berbagai sumber suara dalam satuan dB atau desibel.

- Suara orang berbicara normal = 40 dB.
- Suara kereta api = 95 dB.
- Suara mesin motor = 104 dB.
- Suara petir = 120 dB.
- Suara pesawat tinggal landas = 150 dB

Dampak Pencemaran Suara

Akibat dari pencemaran suara dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu akibat terhadap fisik manusia dan gangguan psikologis.

Gangguan Fisik
Gangguan fisik akibat pencemaran suara yang terus menerus akan mengakibatkan kehilangan pendengaran, tekanan darah meningkat, sakit kepala, dan bunyi dering.

Gangguan psikologis
Sedangkan gangguan psikologis dapat berupa kejengkelan dan kebingungan akibat tidak bisanya untuk berkonsetrasi atau istirahat.

Untuk itu penting sekali untuk mengetahui pencegahan agar kita tidak terkena dampak pencemaran suara. Yaitu dengan cara:
1. Mengelompokkan ruangan dengan potensi kebisingan tinggi.
2. Gunakan material yang dapat menyerap suara.
3. Buat permukaan yang tidak rata untuk menyebarkan suara.
4. Menggunakan penutup telinga untuk mengurangi intensitas suara yang masuk.

Mudah-mudahan informasi makalah pencemaran suara dan dampaknya ini dapat berguna bagi anda.

Topik yang dicari:

penyebab pencemaran suara,pencemaran suara,penyebab polusi suara,dampak polusi suara,polusi suara,dampak pencemaran suara,penyebab terjadinya pencemaran suara,dampak polusi suara terhadap lingkungan,pencemaran suara dan penyebabnya,akibat pencemaran suara
Advertisement
Penyebab Pencemaran Suara dan Dampaknya | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami