Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Pneumonia Pada Anak Dan Pencegahanya

Advertisement

Pneumonia adalah penyakit berbahaya dan dikenal sebagai penyakit penyebab utama kematian balita dan anak di Indonesia. Pneumonia merupakan penyakit infeksi akut paru-paru atau yang biasa disebut dengan radang paru-paru, penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang bernama strepcoccus pnemoniae.

Pneumonia Pada Anak Dan Pencegahanya

Pneumonia Pada Anak Dan Pencegahanya

Pada anak balita pneumonia paling banyak disebabkan oleh virus pernapasan yang sering terjadi pada anak usia 2-3 tahun. Sedangkan pada  anak usia sekolah sering disebabkan oleh bakteri mycroplsama pneumoniae.

Sangat penting para orang tua untuk sangat memperhatikan kondisi kesehatan anak dengan memperhatikan kebersihan lingkungan dan gaya hidup yang sehat. Secara umum gejala pneumonia atau radang paru-paru ditandai dengan demam,batuk dan sesak nafas.

Pencegahan merupakan hal yang sangat penting, pencegahanya bisa dilakukan dengan imunisasi yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah selama ini. Selain para orang tua juga harus berpartisipasi aktif dalam mencegah timbulnya penyakit pneumonia ini, yaitu dengan memberikan ASI eksklusif, memberikan nutrisi yang baik bagi anak, jauhkan anak dari asap rokok, asap dapur, biasakan anak untuk menutup mulut saat batuk atau bersih, mencuci tangan dengan sabun untuk menghindari penyebaran kuman.

Terapkan gaya hidup sehat dengan pola makan yang teratur,istirahat yang cukup, olah raga untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Perlu diperhatikan juga pada masa kehamilan untuk menjaga asupan nutrisi bagi janin yang di kandungnya dan tidak menghirup asap rokok sehingga janin akan tumnuh dengan sehat dan mencegah bayi lahir prematur.

Apabila anak anda mengalami batuk, demam, nafas cepat, sesak nafas dan nafas yang berat segeralah bawa anak anda ke dokter agar apabila itu gejala pneumonia bisa segera tertangani dengan tepat dan cepat.

Yuuuk budayakan hidup sehat ..mulai diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan hidup kita.

Semoga Bermanfaat.

Advertisement
Pneumonia Pada Anak Dan Pencegahanya | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami