Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Program Kesehatan Pemerintah

Advertisement

Program Kesehatan Pemerintah-Bungkusdah.com- Program kesehatan pemerintah saat ini adalah mengembangkan jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonsia. Program kesehatan pemerintah ini tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 khususnya dalam UU NO 40 tahun 2004 yang menjelaskan tentang SJSN. Sistem Jaminan Sosial Nasional atau sering disingkat dengan SJSN, jaminan ini dibentuk guna memenuhi akan kesehatan rakyat sehingga dapat terwujud keadaan rakyat yang sejahtera, adil dan makmur. Program kesehatan pemerintah berupa sistem SJSN juga disebutkan dalam undang-undang tersebut, dengan pembayaran atau iuran yang harus dibayar oleh peserta yang mengikuti jaminan sosial ini. Tarif iuran disesuaikan dengan penghasilan peserta.  Didalam SJSN terlahirlah JKN (Jaminan kesehatan nasional), adapun tujuan dari adanya Jaminan Kesehatan Nasional ini ialah untuk memberikan kepastian akan kesehatan bagi seluruh rakyat indonesia agar dapat hidup dengan sehat, produktif dan sejahtera. Seiring terbentuknya JKN Pada tanggal 1 januari 2014 seluruh bentuk jaminan kesehatan seperti, askes PNS, JPK Jamsostek, TNI, POLRI dan Jamkesmas dilebur menjadi 1 wadah yaitu BPJS KESEHATAN.

Program-Kesehatan-Pemerintah

Menurut menteri kesehatan,  Prof. Dr. dr. Nila F. Moeluk, Sp. M(K) terdapat 5 hal yang wajib diperhatikan dalam proses pembangunan kesehatan untuk mensukseskan program kesehatan pemerintah. Yaitu:

  1. Pembangunan kesehatan merupakan investasi bagi negara.
  2. Sasaran bagi pembangunan kesehatan ialah ibu hamil, bayi, balita, anak sekolah dan remaja, pasangan usia subur,  dan penduduk yang berusia lanjut.
  3. Ketertiban aktif akademisi, komunitas, pelaku usaha dan pemerintah.
  4. Pola kepemimpinan harus aktif guna merespon dan mengantisipasi segala masalah yang nantinya akan timbul.
  5. Tata kelola program dan administrasi harus terus menerus di tingkatkan.

 Untuk mengurangi angka kematian ibu dan anak serta untuk mewujudkan Indonesia sehat Kemenkes mengeluarkan program kesehatan pemerintah dengan nama program Indonesia Sehat. Program kesehatan pemerintah ini terdiri atas, Paradigma sehat, Penguatan pelayanan kesehatan primer, dan Jaminan kesehatan nasional. Selain itu program kesehatan pemerintah Kementerian Kesehatan Republik Indonesial akan memperkuat pelayanan kesehatan yang meliputi, 6000 puskesmas, 14 Rumah Sakit rujukan Nasional, serta terbentuknya 184 Rumah Sakit rujukan Regional. Khusus daerah terpencil dan sangat terpencil akan dibangun Rumah Sakit kelas D PRATAMA hal ini ditempuh untuk mendekatkan dengan rumah sakit rujukan. Untuk regional Papua berdasar rencana akan ada 33 Rumah Sakit PRATAMA, sedang untuk regional Jawa, Sumatra, Bali, Nusa tenggara, Kalimantan dan Sulawesi akan ada 55 Rumah Sakit PRATAMA. Dalam Rumah Sakit PRATAMA akan dilengkapi dengan 50 tempat tidur.

Selain itu semua, dalam program kesehatan pemerintah, pemerintah juga meluncurkan Kartu Indonesia Sehat. Dalam program kesehatan pemerintah Kartu Indonesia Sehat atau KIS ini bertujuan untuk, menjamin dan memastikan masyarakat yang kurang mampu untuk mendapat pelayanan kesehatan, perluasan cakupan PBI, memberikan tambahan manfaat berupa layanan preventif, promotif dan deteksi dini yang dilaksanakan dengan lebih terintegritas. Itulah beberapa program kesehatan pemerintah untuk mewujudnya masyarakat Indonesia yang sehat dan sejahtera. Semoga program kesehatan pemerintah ini bisa berjalan lancar dan sukses. Amin.Program Kesehatan Pemerintah

Advertisement
Program Kesehatan Pemerintah | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami