Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Sejarah Lahirnya Hari Ayah Di Indonesia

Advertisement

Bungkusdah РSejarah Lahirnya Hari Ayah Di IndonesiaHari Ayah yang jatuh pada tanggal 12  memang belum se-populer hari ibu. Hari ayah di Indonesia bersamaan dengan perayaan Hari Kesehatan Nasional. Walaupun belum se-tenar Hari Ibu, selayaknya Hari Ayah juga penting untuk diperingati dan dirayakan, mengingat sosok ayah adalah bagian dari keluarga dan bahkan nahkodanya sebuah keluarga.

Ayah dan ibu tidak bisa dipisahkan, ayah mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk karakter keluarga. Sosok ayah memiliki tanggung jawab yang sangat besar terhadap keluarga yang dibinanya.

Sejarah-Lahirnya-Hari-Ayah-Di-Indonesia

Namun tahukah anda bahwa Hari Ayah di negara lain berbeda beda waktu perayaannya. Di Amerika Serikat, India, Jepang hari ayah dirayakan setiap pekan ke tiga pada bulan Juni setiap tahunnya. Di Korea Selatan perayaan Hari Ayah diadakan setiap tanggal 8 Mei, sedangakan di Negara Serbia hari ayah di rayakan pada tanggal 6 Januari di setiap tahunnya.Sejarah Lahirnya Hari Ayah Di Indonesia

Selain Hari Ayah yang dirayakan dengan waktu berbeda-beda di beberapa negara, ada fakta unik lahirnya Hari Ayah di Indonesia, yaitu pemrakarsa lahirnya Hari Ayah bukanlah berasal dari kaum lelaki. Yang memprakarsai lahirnya Hari Ayah di Indonesia adalah kaum wanita yang tergabung dalam sebuah perkumpulan yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Dan Hari Ayah Nasional di deklarasikan di Pendopo Gede Balai Kota Solo, Jawa Tengah pada tanggal 12 November 2006.

Selain di Solo, Jawa Tengah pada waktu yang bersamaan beberapa anggota Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) di daerah Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur juga mengelar pendeklarasian  Hari Ayah Nasional.

Setelah mendeklarasikan Hari Ayah Nasional, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) mengirimkan piagam deklarasi Hari Ayah Nasional dan juga buku yang berjudul ” Kenangan Buat Ayah” dan diserahkan kepada Presiden Repulik Indonesia pada waktu itu Bapak Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, selain itu piagam dan juga buku Bupati di 4 penjuru di Indonesia yaitu Bupati Sangir Talaud, Bupati Pulau Rote, Bupati Sabang dan Bupati Merauke.

Itulah tadi sekilas mengenai Sejarah Lahirnya Hari Ayah Di Indonesia yang bisa bungkusdah informasikan untuk anda. Selamat Hari Ayah.

Advertisement
Sejarah Lahirnya Hari Ayah Di Indonesia | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami