Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Tahun Depan UMP Akan Digantikan Dengan Sistem Upah Baru

Advertisement

Bungkusdah – Tahun Depan UMP Akan Digantikan Dengan Sistem Upah Baru – Pemerintah melalui Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) telah menyiapkan sistem upah baru menggantikan sistem Upah Minimum Propinsi. Sistem Upah Minimum Propinsi (UMP) selama ini seringkali menjadi kontroversi. Konflik antara pekerja dengan pengusaha, terjadinya demo menuntut kenaikan upah minimum dan sebagainya. Pasalnya sistem penentuan upah sekarang ini berlaku bergantung pada UMP (Upah Minimum Propinsi ) sebagai jaring pengaman bagi usia lajang.

Tahun-Depan-UMP-Akan-Digantikan-Dengan-Sistem-Upah-Baru

Tahun-Depan-UMP-Akan-Digantikan-Dengan-Sistem-Upah-Baru

Sistem upah baru ini rencananya akan diberlakukan oleh pemerintah mulai tahun depan. Hal ini diungkapkan oleh Irianto Simbolon Dirjen Hubungan Industrial dan Jaminan Tenaga Kerja Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Sistem skala upah yang akan diberlakukan akan ada pembagian ruang berdasarkan prestasi, masa kerja dengan jabatan. Dan Skala upah ini akan menjadi bagian dari pengaturan besaran gaji.

Sebagai contoh, misalnya jabatan manager. Semua jabatan manager akan memiliki standar gaji yang sama. Akan tetapi besaran upah atau income yang diterima bisa berbeda tergantung dari prestasi, masa kerja dan pendidikan. Jadi upah dasarnya sama yang akan membedakan besarnya pendapatan atau income adalah besarnya tunjangan yang diterima. Jadi jika prestasi naik maka penghasilan juga akan naik.Tahun Depan UMP Akan Digantikan Dengan Sistem Upah Baru

Dan besaran UMP (Upah Minimum Propinsi) masih akan menjadi tolok ukur bagi penentuan skala upah. Hanya saja strukur nilaiĀ  skala upah tergantung dari perusahaan masing-masing sedangkan UMP dijadika sebagai jaring pengaman. Dan skala upah harus diatas upah minimum, upah minimum tidak bisa dijadikan sebagai patokan. Dan yang akan membuat jaring pengaman yang berupa UMP adalah dewan pengupahan dan skala upah yang ada di perusahaan harus lebih tinggi daripada UMP.

Tahun-Depan-UMP-Akan-Digantikan-Dengan-Sistem-Upah-Baru

Tahun-Depan-UMP-Akan-Digantikan-Dengan-Sistem-Upah-Baru

Peraturan sistem upah baru ini akan berlaku bagiĀ  semua jenis pekerjaan baik yang padat karya maupun padat modal. PNS juga akan ada struktur skala upahnya. Namun ada perbedaan antara skala upah PNS dan skala upah pekerja. Kalau skala upah PNS akan terus naik walaupun tidak disiplin, sedangkan pada skala upah pekerja akan bergantung pada prestasi pekerja.

Tahun Depan UMP Akan Digantikan Dengan Sistem Upah Baru Sistem skala upah baru ini relatif baru, pemerintah memberlakukan sistem upah baru ini karena melihat keberhasilan di Jepang dan Singapura. Kedua negara ini sukses memberlakukan sistem struktur skala upah. Sistem ini cukup efektif terlihat dari hampir tidak adanya konflik antara pengusaha dan pekerja di kedua negara tersebut.

Dan yang dilakukan pemerintah sekarang adalah gencar melakukan sosialisai sistem skala upah kepada para pekerja dan pengusaha. Dengan harapan dengan adanya sistem upah baru ini dapat meningkatkan produktifitas kerja dan meminimalisir konflik antara pekerja dan pengusaha. Dan digarapkan tidak ada lagi demo-demo yang menuntut upah pekerja.

Advertisement
Tahun Depan UMP Akan Digantikan Dengan Sistem Upah Baru | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami