Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Tips Beli Motor Bekas Untuk Lebaran

Advertisement

Bungkusdah – Tips Beli Motor Bekas Untuk Lebaran – Kebutuhan kendaraan untuk transportasi berlebaran dan mudik membuat penjualan kendaraan baik motor maupun mobil meningkat. Tidak hanya motor atau mobil baru saja, penjualan motor atau mobil bekas juga meningkat. Motor atau mobil bekas menjadi bisa menjadi pilihan jika untuk membeli kendaraan baru dirasaa berat. Jika membeli motor atau mobil bekas menjadi pilhan anda sebaiknya harus ekstra hati-hati  agar tidak tertipu.

Tips-beli-Motor-Bekas-Untuk-Lebaran

Tips-Beli-Motor-Bekas-Untuk-Lebaran

Membeli moto atau mobil bekas tidak bisa asal melihat penampilan body saja, banyak hal-hal yang harus anda perhatikan berikut ini Tips Beli Motor Bekas Untuk Lebaran.

1. Cek Harga Di Pasaran.

Agar tidak tertipu harga kendaraan sebaiknya sebelum anda mencari kendaraan bekas untuk anda beli,lakukan cek harga di pasaran terlebih dahulu sebagai bahan pertimbangan anda nanti dalam negosiasi dan kendaraan yang anda beli tidak kemahalan. cek haga bisa anda lihat dari iklan di koran koran, majalah dan internet.

2. Periksa  Kondisi Fisik.

Periksa kondisi fisik kendaraan dengan seksama mulai dari body hingga spare part yang kecil-kecil seperti baut dan sebagainya. Apakah semua spare part yang menempel pada kendaraan semua masih orisinil. Periksa juga apakah ada bagian yang tergores ,  retak, pecah atau keropos. Pastikan motor dalam kondisi masih kencang dan msih utuh.

3. Cek Noka Nosin (Nomor rangka dan nomor mesin).

Cek nomor rangka dan nomor mesin pada kendaraan apakah sama dengan nomor rangka dan nopmor mesin yang tertera di STNK dan BPKB. Perhatikan juga apakah nomor rangka dan nomor mesin yang ada pada motor  original atau ketokan. Cek juga nomor polisi kendaraan yang akan anda beli apakah terdaftar di kepolisian atau tidak dengan SMS ke layanan Polisi. Caranya kirim SMS dengan format :  Wilayah (spasi) Nomor Polisi kirim ke:  1717. Contok untuk wilayah Jakarta ketik SMS: Metro B1950LO kemudian kirim ke 1717. Untuk Jawa Timur ketik: JATIM L42567LY kirim ke 1717. Dan anda akan mendapat balasan dari SMS layanan Polisi.

4. Cek Mesin

Cek oli mesin apakah sesuai dengan ukuran. Apakah ada kebocoran oli atau tidak dilihat kondisi mesin apakah masih kering dan utuh atau basah karena ada rembesan dari oli mesin. Hidupkan mesin apakah bisa stasioner atau tidak. Perhatikan juga suara mesin dan pastikan mesin masih halus, tidak ada suara-suara kasar yang mencurigakan. Perhatikan juga getaran mesin masih halus atau sudah kasar.

5. Periksa Speedometer.

Periksa angka yang jarak kilometer yang sudah ditempuh kendaraan. Jika sudah di atas 20.000 km biasanya akan banyak komponen mesin yang bermasalah dan harus diganti.

6.Cek Sasis

Pastikan bahwa rangka atau sasis tidak bengkok akibat tabrakan, jatuh atau kecelakaan lainnya. Posisi roda depan dan belakang harus lurus. Cobalah jalankan motor dengan kecepatan sekitar 40 km /jam kemudian tekan rem sedikit mendadak dan pastikan motor tidak sulit anda kendalikan.

7. Cek Juga Perpindahan Gigi.

Saat anda mencoba perhatikan juga perpindahan gigi. Jika perpindahan gigi terasa sulit itu bisa menjadi pertanda bahwa kampas kopling akan habis dan harus segara diganti dengan yang baru. Perhatikan juga apa ada suara mendesir saat motor dijalan, jika ada suara mendesir itu pertanda gigi primer mulai habis dan segera harus diganti.Saat anda test drive rasakan handling dan akselerasinya dan rasakan apakah ada kelainan.

8. Cek Kelistrikan

Periksa kondisi kelistrikan mulai dari lampu-lampu ( lampu depan, belakang, lampu sein,lampu speedometer, lampu rem), klakson, elektrik stater pastikan semua dalam kondisi hidup. Aki dalam kondisi baik.

9. Cek Kaki-Kaki.

Periksa roda sepeda motor. Goyang-goyang roda ke kanan dan ke kiri pastikan roda laker roda tidak goblak. Cek juga kondisi shockbreker depan dan belakang apakah masih enak atau tidak.

Itu tadi beberapa Tips Beli Motor Bekas Untuk Lebaran yang bisa kami bagikan kepada anda semua. Sangat disarankan kalau mau beli kendaran bekas harus test drive terlebih dahulu. Rasakan dengan betul-betul apakah kendaran masih enak untuk dikendarai. semoga bisa bermanfaat bagi anda yang ingin membeli sepeda motor bekas namun masih dalam kondisi yang mulus dan bagus.

Advertisement
Tips Beli Motor Bekas Untuk Lebaran | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami