Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Tips Berkendara Yang Baik Dan Aman

Advertisement

Bungkusdah – Tips Berkendara Yang Baik Dan Aman – Keselamatan berkendara sangat penting untuk diperhatikan, tidak hanya keselamatan pribadi tapi keselamatan penumpang dan pengguna jalan lain. Bisa anda bayangkan bagaiman jika anda mengalami kecelakaan, sakit rasanya bahkan bisa berakibat cacat pada tubuh anda atau bahkan meninggal dunia. Belum lagi biaya yang harus anda keluarkan untuk rumah sakit untuk anda dan korban yang anda tabrak, kerusakan kendaraan dan urusan-urusan lain yang menyita waktu dan tenaga dan  bahkan anda bisa terancam hukuman pidana karena menghilangkan nyawa orang lain.

Tips-Berkendara-Yang-Baik-Dan-Aman

Tips-Berkendara-Yang-baik-dan-Aman

Dalam mengendarai kendaraan baik mobil maupun sepeda motor kita tidak boleh asal-asalan karena sangat berbahaya mengancam jiwa anda dan pengendara yang lain. Namun masih sering terjadi kecelakaan di jalan akibat pengendara yang ugal-ugalan, emosi, tidak mematuhi peraturan yang ada. Untuk menghindari hal-hal buruk atau kecelakaan dalam perjalanan anda perhatikan dan gunakanlah Tips Berkendara Yang Baik Dan Aman berikut ini demi kesalamatan anda dan juga orang lain :

1. Sempatkanlah waktu sebentar untuk berdoa memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum anda berkendara.

2. Pastikan kondisi badan anda sehat dan fit. Tidak dalam kondisi mengantuk, terpengaruh oleh obat-obatan bisa membuat anda mabuk dan tidak mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang.

3. Pastikan kondisi kendaraan anda dalam kondisi baik dan memenuhi standar berkendara. Periksa kondisi gas, rem,klakson, seins kanan-kiri, kopling, persneleng, lampu, spion, ban dan sebagainya semua dalam kondisi baik.

4. Patuhi semua aturan lalu lintas, gunakan alat pengaman seperti helm dan sabuk pengaman. Jangan lupa membawa SIM, STNK dan kartu identitas seperti KTP atau kartu pelajar/mahasiswa.

5. Ketika mengendarai kendaraan berpikirlah untuk hati-hati menjaga keselamatan diri sendiri, penumpang dan pengguna jalan yang lain. Patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada seperti lampu merah, perlintasan kereta api, dilarang parkir dan sebagainya.

Tips-Berkendara-yang-baik-Dan-Aman

Tips-Berkendara-Yang-Baik-Dan-Aman

6. Perhatikan jarak kendaraan anda dengan kendaraan yang ada di depan dan sekitar anda. Atur laju kecepatan  kendaraan anda sesuai dengan kondisi dan situasi jalan.

7. Hormati pengguna jalan  raya baik pengemudi kendaraan maupun pejalan kaki.Beri ruang dan kesempatan kepada mereka untuk berbelok, memutar arah atau mau menyeberang. Dan gunakan klakson seperlunya saja. Harus sabar dan disiplin dalam berkendara anda  tidak boleh terburu-buru dan sebaiknya anda atur waktu anda untuk sampai ke tempat tujuan.

8. Saat berkendara pikiran harus fokus ke jalanan. Saat melaju di jalan tidak boleh menengok ke arah jalan selain jalan yang sedang anda lalui atau anda membahayakan diri anda dengan mengambil sesuatu pada anda sedang menyetir.

9. Selama berkendara sebaiknya anda tidak menggunakan handphone atau gadget karena akan mengganggu konsentrasi anda saat berkendara. Jika memang sangat terpaksa sebaiknya anda menepi dan menghentikan kendaraan anda terlebih dahulu.

10. Setel volume audio mobil anda yang sedang-sedang saja tidak terlalu keras sehinggan anda bisa mendengar bunyi klalson kendaraan lain atau bunyi tanda peringatan pada perlintasan rel kereta api.

Demikian artikel kami tentang Tips Berkendara Yang Baik Dan Aman yang semoga bermanfaat bagi anda. Gunakan tips tadi saat anda sedang mengendarai kendaraan demi keselamatan anda dan orang lain. Budayakan disiplin berlalu lintas dan berhati-hati di jalan.

Advertisement
Tips Berkendara Yang Baik Dan Aman | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami