Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Tips Cara Menangani Mobil Lepas Kendali

Advertisement

Tips Cara Menangani Mobil Lepas Kendali-Bungkusdah.comBanyak kasus kecelakan mobil yang terjadi di jalanan disebabkan oleh mobil lepas kendali atau mobil masih terus berakselerasi walau sudah tidak menginjak gas. Hal ini bisa saja terjadi dan terjadi tanpa kita duga. Hal ini tentu akan membuat pengemudi menjadi panik apalagi ketika sedang melaju dijalan yang padat kendaraan sehingga sangat beresiko terjadinya kecelakaan.

Tips-Cara-Menangani-Mobil-Lepas-Kendali

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mobil lepas kendali dan terus berakselerasi seperti adanya benda yang secara tidak disengaja menindih pedal gas atau bisa juga karpet yang nyangkut di pedal gas hingga adanya masalah atau kerusakan pada sistem gas di mesin mobil.

Untuk mengantisipasi terjadinya akselerasi yang terus menerus ada beberapa tindakan yang harus anda lakukan. Berikut tindakan untuk mencegah dan menangani mobil lepas kendali: Baca juga : 4 Hal Yang Menjadi Penyebab Mobil Bergetar

  1. Cek Pedal Gas

Cek dan periksa pedal gas mobil anda apakah ada karpet atau benda yang mengganjal dan menekan pedal gal. Selain itu periksa apakah pedal gas ada gangguan pada pedal gas dengan cara tarik pedal gas dan tekan pedal gas secara manual dengan menggunakan tangan atau kaki. Pastikan pedal gas dalam kondisi normal dan lakukan kebiasaan ini sebelum anda memulai mengemudi.

       2. Netralkan Gigi

Jika lupa atau tidak sempat mengecek pedal gas dan kemudian dalam perjalanan akselerasi mobil tidak terkendali maka segera pindah gigi pada posisi netral dan injak rem.

       3. Matikan Mesin Mobil

Jika anda tidak kepikiran untuk mentralkan posisi gigi, maka matikan mobil dengan memutar kontak pada posisi off atau mati. Akan tetapi jangan mencabut kunci kontak karena akan membuat kemudi mobil terkunci dan tidak bisa digerakkan. Namun dengan mematikan mesin mobil maka kemudi akan lebih sulit untuk dikendalikan karena power steering juga mati.

       4. Menginjak Rem

Setelah anda menetralkan gigi atau mematikan mesin lalu injak pedal rem. Jangan menginjak pedal rem dengan cara memompa karena akan menyulitkan untuk menghentikan mobil anda. Selain menginjak pedal rem, tarik juga tuas rem tangan akan tetapi secara perlahan-lahan agar mobil tidak berhenti secara mendadak.Baca juga: Tips Berkendara Irit BBM Ala Rifat Sungkar

       5. Menurunkan Transmisi

Dalam hal menangani mobil lepas kendali, jika kecepatan mobil anda tidak terlalu kencang anda bisa menurunkan gigi satu persatu untuk memperlambat laju karena adanya engine breaking sehingga laju mobil anda akan semakin pelan baru kemudian injak rem dan tarik tuas rem tangan.

Demikian tips cara menangani mobil lepas kendali yang mungkin bisa mengurangi kebingungan dan kepanikan anda jika terjadi mobil lepas kendali. Kontrol dan cek secara rutin mobil anda agar kondisi mobil selalu dalam keadaan prima sehingga aman dan nyaman untuk anda kendarai.Tips Cara Menangani Mobil Lepas Kendali

Advertisement
Tips Cara Menangani Mobil Lepas Kendali | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami