Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Tips Membuat Makanan Sehat untuk Balita Anda

Advertisement

Bungkusdah – Tips Membuat Makanan Sehat untuk Balita Anda Makanan sehat untuk balita bukan saja penting untuk bayi namun juga merupakan cara terbaik dalam mendukung tumbuh kembang anak. Makanan sehat dengan kandungan gizi yang cukup dan seimbang merupakan hal yang perlu dilakukan sejak dini untuk membangun imunitas tubuh yang kuat serta mengoptimalkan seluruh potensi anak, termasuk kecerdasan otak anak.

Tips-Membuat-Makanan-Sehat-untuk-Balita-Anda

Tips-Makanan-Sehat-untuk-Balita-Anda

Asupan makanan sehat untuk balita ini sebaiknya anda berikan setidaknya setelah bayi berumur lebih dari 6 bulan sebagai menu pendamping air susu ibu. Dalam mempersiapkan menu tambahan ini, sebaiknya dilakukan dengan memberikan jenis makanan yang lebih variatif. Hal ini akan sangat berguna dalam melatih anak merasakan berbagai rasa dari makanan yang dicecapnya.

TIps-Membuat-Makananp-Sehat-untuk-Balita-Anda

TIps-Membuat-Makanan-Sehat-untuk-Balita-Anda

Seiring perkembangan kekuatan alat pencernaan anak, maka pemberian makanan perlu dilakukan secara bertahap. Hindari memberikan makanan padat jika anak belum siap karena justru dapat menimbulkan masalah pada alat pencernaannya. Nah, berikut ini tips memberikan makanan sehat untuk balita berdasarkan perkembangan usianya.

Menu untuk Bayi Umur 6 – 7 bulan

Tips-Membuat-Makanan-Sehat-untuk-Balita-Anda

Tips-Membuat-Makanan-Sehat-untuk-Balita-Anda

Menu makanan yang diberikan untuk bayi pada periode ini sebaiknya hanya dari jenis buah dan sayuran saja dan hindari memberikan bubur nasi, kentang, ataupun ubi-ubian karena masih terlalu berat. Pemberian asupan makanan tambahan pada tahap ini terutama untuk mengenalkan lidah dan pengecapan bayi dengan berbagai jenis makanan. Beberapa jenis buah dan sayuran yang bisa dipilih antara lain pisang, pepaya, melon, apel, tomat, brokoli, serta daun bayam.

Menu untuk Bayi Umur 7 – 9 bulan

Tips-Membuat-Makanan-Sehat-untuk-Balita-Anda

Tips-Membuat-Makanan-Sehat-untuk-Balita-Anda

Jenis makanan yang lebih padat bisa mulai diberikan pada tahap ini terutama untuk memberikan tambahan nutrisi. Kentang, labu kuning, maupun jagung manis sangat baik diberikan untuk menambah kebutuhan karbohidrat balita anda. Sedangkan untuk kebutuhan protein, vitamin, maupun mineral anda dapat memilih sayuran, kacang-kacangan, ikan laut tanpa duri, maupun tempe atau tahu yang kaya protein nabati. Berikan menu makanan sehat untuk balita ini secara variatif dan sebaiknya hindari memberikan protein hewani yang berat, seperti daging sapi maupun ayam.

Menu untuk Bayi Umur 9 – 12 bulan

Tips-membuat-Makanan-Sehat-Untuk-Balita-Anda

TIps-Membuat-Makanan-Sehat-untuk-Balita-Anda

Anda dapat mulai memberikan bubur nasi pada periode ini termasuk makanan yang relatif padat meski tetap masih dalam bentuk jus atau bubur. Beberapa jenis makanan sumber tenaga dari umbi-umbian, hati dan daging ayam, maupun sapi juga bisa anda berikan sebagai menu makanan sehat untuk balita Anda.

Itu tadi beberapa Tips Membuat Makanan Sehat untuk Balita Anda dan semoga tips tadi bermanfaat bagi kita dan balita kita.

Advertisement
Tips Membuat Makanan Sehat untuk Balita Anda | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami