Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Tips Mencegah Osteoporosis atau Pengeroposan Tulang

Advertisement

Bungkusdah – Tips Mencegah Osteoporosis atau Pengeroposan Tulang – Tanggal 20 Oktober adalah hari osteoporis sedunia. Untuk memperingati hari osteoporis sedunia kali ini bungkusdah akan berbagi tips mencegah osteoporosis. Osteoporosis merupakan kondisi dimana massa tulang mengalami penurunan atau biasa disebut dengan istilah pengeroposan tulang. Kondisi penurunan massa tulang ini sangat berbahaya karena akan mengakibatkan tulang mudah patah.

Tips-Mencegah-Osteoporosis-Atau-Pengeroposan-Tulang

Tips-Mencegah-Osteoporosis-Atau-Pengeroposan-Tulang

Menurut laporan International Osteoporosis Foundation, resiko osteoporosis atau pengeroposan tulang rentan sekali terjadi pada  kelompok usia lanjut. Resiko yang paling besar adalah pada wanita pasca menopause. Menurut hasil surve 1 dari 3 wanita pasca menopause menderita osteoporosis dan untuk laki-laki usia lanjut 1 dari 5 laki-laki usia lanjut menderita oosteoporosis. Dan resiko osteoporosis ini terbukti menurunkan kualitas hidup,menurunkan harapan hidup, meningkatkan resiko cacat tubuh dan disabilitas.

Mengenai gejala, osteoporosis tidak memiliki gejala, gejala muncul ketika mengalami patah tulang. Tanda-tanda atau gejala seseorang menderita osteoporosis bisa dicurigai dari tubuh yang semakin pendek, tubuh condong ke depan atau membungkuk. Osteoporosis atau pengeroposan tulang sering dialami oleh para wanita pasca menopause,usia lanjut, memiliki riwayat osteoporosis, tidak memiliki anak atau tidak pernah hamil,pemakaian obat-obatan tertentu,dan bertubuh kurus.

Untuk terjadinya mencegah osteoporosis bisa dilakukan dengan merubah pola hidup yang lebih sehat. Berikut ini bungkusdah akan menyajikan Tips Mencegah Osteoporosis atau Pengeroposan Tulang untuk anda semua para pembaca setia bungkusdah yang semoga bisa memberi manfaat untuk anda dan keluarga anda tercinta. Untuk lebih mudah diingat, tips ini bisa disingkat dengan tips KEROPOS yaitu rangkaian dari Kalsium cukup, Enyahkan rokok,alkohol dan kafein,Resiko dikenali,Obat-obatan tertentu dihindari,Pertahankan berat badan yang ideal,Olah raga secara teratur dan Seimbangkan gizi.

Tips-Mencegah-Osteoporosis-Atau-Pengeroposan-Tulang

Tips-Mencegah-Osteoporosis-Atau-Pengeroposan-Tulang

1. Kalsium Cukup

Kalsium merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tulang. Tulang membutuhkan kalsium harian 800 – 1.200 mg kalsium perhari. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian anda bisa dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti, ikan, susu,kacang kedelai dan sayuran hijau. Jika kebutuhan kalsium harian belum cukup bisa dengan minum suplemen kalsium.

2. Enyahkan Roko,Alkohol dan Kafein

Hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk anda seperti merokok, minum-minuman beralkohol dan juga kafein. Merokok sangat tidak baik bagi kesehatan. Mengkonsumsi alkohol akan menghambat penyerapan kalsium dan menyebabkan nafsu makan menurun sehingga mengakibatkan  konsumsi kalsium menjadi berkurang. Dan mengkonsumsi kafein yang berlebihan akan menyebabkan pengeluaran kalsium melalui urin.

3. Resiko Dikenali

Kenali resiko dan lakukan pemeriksaan kepadatan tulang anda sebelum resiko osteoporosis menyerang anda. Osteoporosis banyak di derita oleh para usia lanjut, wanita menopause. Untuk kelompok usia tua, wanita pasca menopause sangat dianjurkan untuk memerikasakan kepadatan tulangnya untuk mendeteksi osteoporosis.

4. Obat Tertentu Dihindari

Obat-obatan seperti steroid dan anti kejang bisa meninghkatkan resiko terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis. Untuk itu sebelum penggunaan obat tersebut konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai manfaat dan resiko daari obat-obatan tersebut.

5. Pertahankan Berat Badan Ideal

Pertahankan berat badan ideal anda karena penurunan berat badan dalam waktu yang singkat bisa beresiko penurunan kualitas tulang.

6. Olah Raga Secara Teratur

Olah raga secara teratur terbukti mampu memperbaiki kesehatan tulang, teruatama olah raga yang sedikit terkena paparan sinar matahari akan mengubah pro vitamin d menjadi vitamin d yang bermanfaat bagi tubuh.

7. Seimbangkan Gizi

Konsumsilah makanan-makanan yang bergizi untuk mempertahankan gizi yang seimbang dengan mengkonsumsi protein yang cukup untuk menjaga kesehatan tulang, banyak mengkosumsi makanan-makanan yang mengandung kalsium yang tinggi, banyak mengkonsumsi buah dan sayuran hijau. Kurangi atau batasi mengkonsumsi garam yang berlebihan.

Itulah tadi Tips Mencegah Osteoporosis atau Pengeroposan Tulang dari kami semoga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. Segera rubah pola hidup anda dengan mengikuti pola hidup yang sehat. Patah tulang akibat tulang keropos akan akan sangat memperburuk kualitas hidup dan meningkatkan kematian, cacat dan disabilitas.

Advertisement
Tips Mencegah Osteoporosis atau Pengeroposan Tulang | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami