Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Tips Mengatasi Nyeri Lutut

Advertisement

Tips Mengatasi Nyeri Lutut- Bungkusdah.comBanyak diantara kita, keluarga atau saudara kita ada yang sering mengalami dan menderita nyeri lutut yang secara tiba-tiba sehingga lutut terasa sangat sakit dan sulit untuk digerakkan. Nyeri lutut ini tentu sangat mengganggu aktivitas dan menimbulkan ketidaknyamanan.  Mengenai penyebab nyeri lutut ini bisa disebabkan karena keseleo, peradangan sendi, peregangan tendon-tendon pada lutut, dan juga ikatan robekan kecil dalam otot-otot lutut.

Tips-Mengatasi-Nyeri-Lutut

Tentu anda tidak mau mengalami nyeri lutut dan yang sudah menderita nyeri lutut tentu ingin sekali nyeri lututnya sembuh dan tidak menyerang lagi. Untuk itu simak baik-baik tips mengurangi dan mengatasai nyeri lutut hingga osteoartritis lutut, berikut ini agar kita bisa menghindari dan mengurangi rasa sakit atau nyeri pada lutut. Baca Juga: Tips Cara Merawat Tubuh Secara Alami

  1. Hindari Menekuk Lutut Hingga 90 Derajat

Duduklah di kursi yang tingginya cukup membuat lutut anda tidak menekuk lebih dari 90 derajat. Jangan terlalu lama atau membiasakan duduk di kursi atau yang terlalu rendah sehingga lutut anda menekuk lebih dari 90 derajat.

         2. Hindari Naik Turun Tangga

Hindari terlalu sering naik dan turun tangga. Jika terpaksa harus naik turun tangga, pada saat naik gunakan kaki yang sehat untuk naik dan gunakan kaki yang sakit untuk turun tangga. Jika perlu gunakan tongkat atau alat bantu berjalan untuk mengurangi beban langsung pada lutut. Hindari juga jongkok dan berlutut, sebelum duduk dan bangkit dari duduk, geserlah posisi duduk anda ke tepi kursi dan posisi kaki berada di bawah badan dan kemudian gunakan tangan untuk mengangkat badan anda.

         3. Melakukan Perkerjaan Rumah Dengan Duduk

Bagi anda yang sudah di diagnosa osteoarthritis, sebaiknya saat melakukan pekerjaan rumah dilakukan dengan duduk agar tidak memperparah nyeri lutut atau penyakit yang anda derita.

        4. Gunakan Closet Duduk

Sebaiknya anda pilih menggunakan closet duduk daripada closet yang jongkok.

         5. Duduk Lebih Baik Daripada Berdiri

Bagi anda yang sudah di diagnosa osteoarthritis atau nyeri lutu akut, usahakan lebih banyak duduk daripada berdiri terlalu lama.

          6. Hindari Kegemukan

Berat badan yang lebih membuat lutut menahan lebih banyak beban. Oleh karena itu cobalah lakukan diet sehat dan berimbang untuk mengurangi berat badan anda.

         7. Olah Raga

Untuk mengurangi keluhan nyeri lutut anda bisa memilih alternatif olah raga berenang atau bersepeda.

Selain tips mengatasi nyeri lutut seperti di atas, anda bisa melakukan fisioterapi hingga latihan dasar  lutut. Tujuan fisioterapi dilakukan untuk mengurangi dan menghilangkan rasa sakit, memperbaiki fungsi lutut dan juga mengembangkan strategi mengatasi nyeri lutut. Untuk pnenderita nyeri lutut biasanya disarankan melakukan latihan seperti Knee Straightenig, Quadriceps Strecth,Thigh Squaezes, Hamsting Strecth hingga Squart Excercice Ball. Untuk mencegah dan mengurangi serta terulangnya kembali nyeri lutut anda harus  mengubah gaya hidup dengan pola hidup sehat.Tips Mengatasi Nyeri Lutut

Advertisement
Tips Mengatasi Nyeri Lutut | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami