Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Tips Mengemudi Mobil Matic Bagi Pemula

Advertisement

Bungkusdah – Tips Mengemudi Mobil Matic Bagi Pemula – Mengemudikan mobil yang menggunakan transmisi otomatis atau matic bagi pemula kadang membuat kagok. Adanya mobil matic tentunya untuk kemudahan dan kenyamanan bagi para pengggunanya. Namun banyak terjadi insiden kecelakaan akibat kurang menguasai mobil yang menggunakan transmisi otomatis atau matic baik pemula yang baru belajar mengemudi mobil matic atau yang para pengemudi yang biasanya memakai mobil transmisi manual.

Tips-mengemudi-Mobil-Matic-Bagi-Pemula

Tips-Mengemudi-Mobil-Matic-bagi-Pemula

Sebenarnya mobil matic lebih mudah dan sederhana untuk dikemudikan. Namun yang namanya mobil tetap saja ada hal-hal yang tidak bisa berubah dengan sendirinya. Salah satunya adalah merubah atau memindahkan tuas transmisi. Oleh karena itu penting sekali bagi para anda para pemiliki mobil matic dan para pengemudi pemula mobil transmisi otomatis. Berikut ini Tips Mengemudi Mobil Matic Bagi Pemula perlu diperhatikan dan dipraktekkan.

1. Hafalkan Urutan Penggantian Tuas Transmisi

Tips-Mengemudi-Mobil-Matic-Bagi-Pemula

Tips-Mengemudi-Mobil-Matic-Bagi-Pemula

Urutan penggantian dan posisi tuas transmisi hal yang harus dihafalkan untuk mengemudi mobil matic dan bahkan harus hafal diluar kepala. Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam mengoperasikan tuas transmisi dan tidak ada lagi kasus salah dalam memasukkan posisi tuas transmisi yang bisa berakibat sangat fatal.

2. Bebaskan Kaki Kiri Dari Pedal Kopling

Pada mobil bertransmisi otomatis (matic) hanya ada dua pedal yaitu pedal gas dan pedal rem, tidak ada pedal kopling. Jika anda mengendarai mobil matic biasakanlah untuk membebaskan kaki kiri anda dari pedal kopling. Karena jika tidak terbiasa dan kaki kiri tidak dibebaskan dari pedal kopling maka bisa saja terjadi kesalahan menginjak pedal rem dengan sangat keras pada saat mobil sedang melaju. Bisa anda bayangkan jika mobil yang sedang melaju tiba-tiba pedal rem di injak dengan keras, mobil akan berhenti secara mendadak dan ini sangat membahayakan bagi pengendara yang ada dibelakang anda.

Tips-mengemudi-Mobil-Matic-Bagi-Pemula

Tips-Mengemudi-mobil-matic-Bagi-Pemula

3. Biasakan Menginjak Rem Tiap Kali Mengganti Transmisi

Pada saat mau memindahkan posisi tuas transmisi pengendara hendaklah membiasakan menginjak pedal rem. Menginjak pedal rem ini dengan tujuan agar mobil tidak berjalan sendiri saat tuas transmisi sedang dipindah.

4. Saat Melintas di Tanjakan

Saat anda melintasi wilayah penuh tanjakan sebaiknya anda memindahkan tuas transmisi ke posisi L atau posisi 2. Pada posisi ini transmisi hanya bisa pindah ke posisi gigi satu atau gigi dua saja. Selain itu posisi ini pada saat mobil melintasi jalan menurun bisa berguna sebagai engine brake.

5. Pahami Fungsi Tombol Hold

Tips-Mengemudi-Mobil-Matic-Bagi-Pemula

Tips-Mengemudi-Mobil-Matic-bagi-Pemula

Pahami tombol hold, tombol hold merupakan fitur merupakan fitur pengunci gigi dan bisa dioperasikan saat tuas transmisi berapda pada posisi D. Saat tombol Hold diaktifkan maka mobil akan terkunci pada posisi gigi dua dan tiga. Saat mengendarai dalam wilayah kota fitur hold ini sangat bermanfaat untuk menghemat pemakaian BBM.

Demikian tadi tips Tips Mengemudi Mobil Matic Bagi Pemula yang sangat bermanfaat yang akan mengemudikan mobil bertransmisi otomatis. Mengemudi mobil matic sebenarnya sangat mudah, simple dan sederhana dan lebih hemat tenaga karena tidak menggunakan pedal kopling. Apalagi saat kondisi jalanan macet pengendara matic elbih diuntungkan karena tidak perlu berkali-kali injak pedal kopling yang kaki terasa capek.

Topik yang dicari:

posisi tombol hold pada mobil matic,belajar mobil matic
Advertisement
Tips Mengemudi Mobil Matic Bagi Pemula | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami