Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Tips Merawat Mobil Mesin Diesel

Advertisement

Bungkusdah – Tips Merawat Mobil Mesin Diesel – Pada kesempatan yang baik kali ini bungkusdah akan berbagi kepada anda mengenai tips merawat mobil mesin diesel. Mengingat sekarang ini mesin diesel tidak hanya digunakan untuk mobil-mobil truk dan kendaraan berat saja. Sekarang mobil-mobil penumpang sudah banyak yang menggunakan mesin diesel.

Dan penggunakaan mesin diesel sekarang sudah canggih, sudah tidak lagi mengeluarkan suara berisik dan mengeluarkan asap yang tebal. Dan mesin diesel yang sudah terkenal bandel, tangguh dan irit yang didukung dengan teknologi yang semakin maju yang diterapkan pada mobil-mobil penumpang membuat banyak orang menyukai mobil dengan mesin diesel.

Tips-Merawat-Mobil-Mesin-Diesel

Tips-Merawat-Mobil-Mesin-Diesel

Akan tetapi walaupun sudah terkenal tanggguh,bandel  dan efisien, mesin diesel tetap harus dirawat dengan baik agar performa mesin tetap jos. Untuk merawat mobil mesin diesel ikutilah saran dan tips dari bungkusdah agar anda tidak salah dalam merawat dan pemakian mobil mesin diesel. Nah berikut ini Tips Merawat Mobil Mesin Diesel :

1. Memanaskan Mesin

Memanaskan mesin pada mobil bermesin diesel merupakan bagian yang sangat penting,mengingat mesin diesel  pemanasannya lama dan mesin bisa berfungsi secara optimal setalah kondisi mesin sudah panas. Oleh karena itu sebelum menjalankan mobil mesin diesel, panaskan dulu mesin kurang lebih sekitar 5 menit baru mobil dijalankan. Pemanasan pada mesin diesel dilakukan agar fungsi turbo charger berjalan dengan baik dan juga agar oli bisa bersirkulasi pada komponen mesin dengan baik sehingga mesin tidak mudah aus.

2. Tidak Langsung Mematikan Mesin Usai Berkendara

Selain tidak boleh langsung menjalankan mobil, mematikan langsung mesin ketika sampai tujuan atau selesai mengendarai tidak boleh langsung mematikan mesin. Setelah mobil berhenti biarkan dulu mesin menyala kurang lebih sekitar 5 menit baru kemudian matikan mesin. Ini dilakukan untuk proses pendinginan mesin karena suhu pada turbocharger sangat tinggi karena digerakkan oleh gas buang dari hasil pembakaran mesin. Dan proses pendinginan turbocharger menggunakan oli mesin agar tidak terjadi panas mesin yang berkebihan. Apabila mesin langsung dimatikan makan oli mesin pun juga akan berhenti dan proses pendinginan mesin juga berhenti.

3. Tangki Bahan Bakar Jangan Sampai Kosong

Tangki bahan bakar pada mesin diesel tidak boleh sampai habis atau kosong, minimal sisakan bahan bakar sepertiga dari kapasitas tangki. Ini dilakukan agar tidak terjadi pengembunan pada tangki bahan bakar karena pengembunan akan merusak filter solar. Selain itu pengembunan yang menimbulkan uap air bisa bercampur dengan bahan bakar.

Jika kandungan air dalam solar semakin banyak maka kualitas bahan bakar akan menurun dan performa mesin juga akan menurun.

Tips-Merawat-Mobil-Mesin-Diesel

Tips-Merawat-Mobil-Mesin-Diesel

4. Penggantian Oli Mesin

Mengganti oli mesin pada setiap kendaran sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Ada perlakuan khusus bagi mesin diesel karena mesin diesel memiliki tingkat kompresi yang tinggi. Karena kompresi yang tinggi maka tekanan pada ruang bakar juga tinggi sehingga ada kemungkinan bahan bakar bisa masuk ke dalam sistem pelumasan. Sehingga akan merusak kualitas oli mesin. Untuk itu gantilah oli mesin pada mobil diesel setidaknya setiap 5.000 km.

5. Filter Bahan Bakar

Dalam merawat mobil mesin diesel, filter bahan bakar merupakan bagian yang sangat penting dari mesin diesel karena fungsi filter bahan bakar untuk menyaring kotoran yang ada di dalam bahan bakar.Apalagi jika selalu menggunakan bahan bakar yang berkualitas rendah. Sangat disarankan untuk selalu menggunakan bahan bakar solar dengan kualitas yang baik dan rajin-rajinlah membersihkan filter bahan bakar atau ganti filter oli minimal setelah menempuh jarak 10.000 kilometer. Agar umur injecktor lebih panjang dan lebih awet.

Demikina tadi infromasi daki bungkusdah mengenai Tips Merawat Mobil Mesin Diesel  yang semoga bisa bermanfaat terutama bagi anda para pemilik mobil dengan menggunakan mesin diesel atau anda yang tertarik memiliki mobil mesin diesel.

Advertisement
Tips Merawat Mobil Mesin Diesel | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami