Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Tips Merawat Mobil Sendiri Agar Usia Mobil Lebih Panjang

Advertisement

Bungkusdah – Tips Merawat Mobil Sendiri Agar Usia Mobil Lebih Panjang Jika anda ingin mobil anda tetap  awet dan tidak sering masuk ke bengkel anda harus rajin merawat mobil anda sendiri di rumah. Melakukan perawatan mobil sendiri di rumah tentu akan menghemat biaya perawatan selain itu mobil yang terawat dengan baik tentunya harga jual kembali mobil akan lebik baik dan mudah.

Tips-Merawat-mobil-Sendiri-Agar-Usia-Mobil-lebih-Panjang

Tips-Merawat-Mobil-Sendiri-Agar-Usia-Mobil-Lebih-Panjang

Anda bisa melakukan perawatan mobil sendiri di rumah di sela-sela waktu luang anda atau pada hari libur anda. Nah dalam kesempatan yang baik ini bungkusdah akan berbagi informasi kepada anda semua mengenai  Tips Merawat Mobil Sendiri Agar Usia Mobil Lebih Panjang yang semoga bisa menambah pengetahuan anda dalam hal perawatan mobil.

Berikut langkah-langkah dan tips merawat mobil sendiri di rumah agar mobil tetap dalam kondisi prima.

1. Air dan Oli

Rata-rata mobil-mobil jaman sekarang memudahkan pemiliknya dalam merawat mesin mobil. Anda tidak perlu takut dan khawatir untuk memeriksa mesin mobil anda asal pada saat memeriksa dan melakukan perawatan mesin dalam kondisi dingin. Periksa secara rutin kondisi air radiator, air pembersih kaca dan oli mesin.

Berikut hal-hal yang perlu anda perhatikan pada saat anda memeriksa cairan pada mobil :

 – Pada saat akan memeriksa cairan mobil, pastikan mesin dalan kondisi dingin dan mobil diparkir di area yang rata.

 – Jangan sekali-kali membuka radiator pada saat mesin dalam kondisi panas. Uap panas raditor bisa membahayakan anda. Selain itu membuka radiator ketikan mesin dalam kondisi yang masih panas akan mengakibatkan adanya kantong-kantong udara dalam sistem pendingin mesin mobil dan hal ini bisa berakibat kerusakan pada sistem.

 – Jika air pada radiator berkurang, anda bisa menambahkan dengan air bersih biasa saja jangan menggunakan air khusus radiator jika anda tidak yakin air yang akan anda tambahkan sesuai dengan air khusus radiator sebelumnya. Karena mencampurkan air radiator yang berbeda bisa mengakibatkan air dalam radiator berubah menjadi kenyal seperti jelly.

– Cek oli mesin dengan cara mencabut stick pengukur level oli mesin kemudian bersihkan dengan menggunakan lap yang bersih, kemudian masukkan lagi seperti posisi semula dan cabut lagi. Dan lihat pada tanda level oli apakah oli mesin anda habis atau berkurang. Jangan sampai oli mesin mobil anda kurang atau habis karena akan mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil yang cukup parah.

 – Apabila oli mesin harus ditambah, gunakan oli mesin yang sama dan jangan mencampur antara oli mesin sintetic dengan oli mesin biasa.

 – Isi air penyemprot kaca depan dengan air biasa yang dicampur dengan cairan khusus pembersih kaca. Jangan dicampur dengan detergen atau sabun mandi karena akan menggumpal di botol penyimpan  air dan bisa merusak sistem penyaringan air.

Tips-Merawat-mobil-Sendiri-Agar-Usia-Mobil-Lebih-Panjang

Tips-Merawat-Mobil-Sendiri-Agar-Usia-Mobil-Lebih-Panjang

2. Cek Kondisi Ban

Periksa kondisi fisik ban dan tekanan anginnya secara rutin minimal sebulan sekali. Karena kondisi ban yang rusak atau tekanan anginnya kurang akan mengganggu kenyamanan dan keamanan sebab daya tempel ban pada permukaan jalan berkurang sehingga bisa berakibat selip, selain itu juga boros konsumsi bahan bakar.

Cek kondisi dan tekanan angin ban pada saat ban dalam keadaan dingin. Untuk cek tekanan ban jangan menggunakan jari untuk menekan ban, tapi dengan menggunakan alat untuk mengecek tekanan ban. Dan perlu anda ketahui, masing merk ban memilki tekanan yang berbeda-beda, dan jika anda ragu anda bisa mengisi angin dengan tekanan 32 PSI. Periksa juga kondisi ban serep, karena walaupun tidak dipakai, tekanan angin pada ban serep juga bisa berkurang.

3. Cek Aki

Aki ada dua jenis yaitu aki basah dan aki kering. Rata- rata mobil baru sekarang menggunakan aki kering yang bebas perawatan atau free maintenance, tidak perlu mengisi air accu dan daya aki.

Pada bagian atas aki biasanya terdapat tanda atau indikator yang berwarna. Jika indikator berwarna hijau artinya aki dalam kondisi baik. Dan jika indikator berwarna cerah atau putih itu tandanya aki perlu di charge dan jika indikator berwarna merah itu tandanya aki harus sudah diganti.

Apabila mobil anda masih menggunakan aki basah, anda harus rutin memeriksa kondisi air aki jangan sampai air aki dalam keadaan kosong karena akan merusak sistem kelistrikan mobil. Dan pada saat mengisi air aki, jangan isi air aki dengan berlebihan karena jika air dalam aki tumpah bisa merusak komponen bodi dan atau cat mobil.

4. Lampu Mobil

Dalam merawat mobil kondisi lampu-lampu pada mobil juga perlu dicek. Pastikan semua lampu-lampu dalam kondisi baik dan normal agar tidak mengganggu perjalan pada malam hari anda. Cek juga lampu jarak jauh,lampu kabut dan juga lampu dame. Ketika memeriksa lampu-lampu anda bisa minta bantuan teman,saudara atau orang lain untuk cek lampu-lampu dari luar mobil sementara anda mengoperasikan lampu-lampu dari dalam mobil anda.

Nah itu tadi langkah-langkah dan Tips Merawat Mobil Sendiri Agar Usia Mobil Lebih Panjang yang semoga bisa membantu anda dalam merawat mobil kesayangan anda agar mobil anda selalu dalam kondisi fit dan siap untuk diajak kemana saja.

Advertisement
Tips Merawat Mobil Sendiri Agar Usia Mobil Lebih Panjang | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami