Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Tips Wawancara Kerja yang Harus Diketahui

Advertisement

Tips wawancara kerja ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi penulis yang telah beberapa kali menjalani wawancara kerja dan hampir tidak pernah gagal. Selain itu juga ditambahkan dari beberapa referensi dari internet maupun pengalaman orang lain.
tips wawancara kerja
Berikut dibawah ini tips wawancara kerja yang bisa membantu anda para pencari kerja dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam suatu tes interview. Tips wawancara kerja ini disertai tips yang bermanfaat.

Pertanyaan: Coba ceritakan kepada kami mengenai diri anda.
Tips wawancara kerja: Pertanyaan ini seringkali ditanyakan sebagai pertanyaan pembuka. Dalam menjawab, usahakan tidak bertele-tele dan mengacu data pribadi anda seperti tanggal lahir, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, jumlah saudara. Hindari jawaban yang bersifat mengeluh atau curhat.

Pertanyaan: Apa yang Anda ketahui mengenai perusahaan kami
Tips wawancara kerja: Ada baiknya ketika anda menerima panggilan untuk tes interview, anda mencari informasi tentang perusahaan tersebut. Gunakan internet untuk mencari info sebanyak-banyaknya sebagai bekal anda menjawab pertanyaan diatas. Mulailah dengan menyebutkan nama perusahaan tadi, sejarah, filosofi perusahaan, bidang usaha perusahaan, produk yang dikeluarkan, jumlah cabang, dsb. Tekankan bahwa perusahaan tersebut banyak memiliki keunggulan dan keinginan anda untuk bergabung.

Pertanyaan: Mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan kami
Tips wawancara kerja: Sebagai sambungan dari pertanyaan sebelumnya, biasanya pewawancara akan menanyakan alasan anda untuk bergabung. Anda bisa memulai dengan menyebutkan keunggulan perusahaan tersebut. Misalnya bahwa perusahaan tersebut memiliki produk yang sudah dikenal masyarakat, dan memiliki citra positif.

Pertanyaan: Apa kelebihan dan kekurangan Anda
Tips wawancara kerja: seringkali para pencari kerja tidak siap dengan pertanyaan ini. Jadi sebaiknya dirumah anda tulis dulu kelebihan anda kemudian baru kelemahan. Perlu diingat bahwa dalam menyebutkan kelemahan akan menjadi bumerang bagi anda bila salah menjawab. Untuk itu perhatikan baik-baik. Pengalaman pribadi saya, bila menyebutkan kelemahan saya akan menjawab sifat yang sebetulanya merupakan hal yang positif. Misalnya, saya seorang yang bila bekerja suka lupa waktu. Anda lihat orang yang mewawancarai anda akan kesulitan menemukan hal untuk “menyerang” anda. Lain halnya bila anda menyebutkan malas, pemarah sebagai kelemahan.

Diatas adalah beberapa tips yang mungkin bermanfaat., untuk tips yang lainnya bersambung di bagian kedua dari tips wawancara kerja.

Advertisement
Tips Wawancara Kerja yang Harus Diketahui | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami