Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Topan Haiyan Di Filiphina 10 Ribu Orang Meninggal Dunia

Advertisement

Topan Haiyan merupakan topan paling dahsyat di dunia . Topan yang terjadi di Filiphina telah menelan korban sekitar 10 ribu penduduk Filipina. Topan Haiyan dengan kecepatan angin mencapai 315km per jam ini memporak porandakan Filiphina di provinsi Samar dan Leyte pada hari Jum’at pagi.

Topan Haiyan Di Filipina 10 Ribu Orang Meninggal Dunia

Topan Haiyan Di Filipina 10 Ribu Orang Meninggal Dunia

Wilayah yang dilalui topan ini rata dengan tanah ratusan rumah dan infrastruktur hancur, puing-puing berserakan, jasad korban meninggal dunia bergelimpangan. Sangat mengerikan bencana ini hampir sama dengan bencana tsunami beberapa tahun lalu.

Topan Haiyan Di Filipina 10 Ribu Orang Meninggal Dunia

Topan Haiyan Di Filipina 10 Ribu Orang Meninggal Dunia

Topan Haiyan juga dinamakan topan Yolanda. Topan ini juga mengakibatkan banjir, tanah longsor.Sementara di dekat provinsi Masbate topan ini mengakibatkan badai ombak bisa mencapai 7 meter. Di Manila sekolah -sekolah diliburkan dan penerbangan dan perjalanan lewat udara ditunda.

Saat ini petugas masih berjuang melaukan evakuasi dan penyaluran bantuan terhadap korban bencana topan haiyan, ribuan tentara dikerahkan dan pesawat kargo militer dterbangkan untuk menyalurkan bantuan logistik berupa makanan,pakaian dan kebutuhan hidup lainnya.

Kini topan Haiyan bergerak menuju Hanoi dan Vietnam. Topan haiyan yang terjadi di Filipana tergolong topan yang matang sehingga kekuatannya sangat dahsyat sekali. Topan haiyan bergerak menuju Vietnam namun kekuatannya sudah melemah yaitu dengan kecepatan angin mencapai 120km per jam.Meskipun lintasan topan haiyan berada di kawasan Asia Tenggara namun menurut BMKG ( Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika) memprediksi topan haiyan tidak akan berbelok menuju Indonesia, dan diharapkan masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir.

Tapi kita harus tetap waspada terhadap efek tidak langsung dari topan haiyan ini pengaruhnya akan terjadi hujan dengan intensitas ringan sedang yang mungkin akan terjadi di sekitar pulau Sumatera Utara,Riau, Kalimantan bagian utara. Gelombang air laut setinggi 3 meter diperkirakan akan terjadi di perairan kepulauan Natuna,Anambas dan laut Sulu juga berpeluang terjadi di Laut Cina.

Bagi masyarakat diharapkan terus waspada terhadap bencana yang kapanpun bisa terjadi.

Advertisement
Topan Haiyan Di Filiphina 10 Ribu Orang Meninggal Dunia | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami