Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Varietas Kedelai Unggul: Penemuan Baru Bibit Kedelai Unggul Oleh BATAN

Advertisement

Varietas Kedelai Unggul – Setelah melakukan berbagai penelitian dan percobaan akhirnya Batan (Badan Tenaga Nuklir Nasional) berhasil menciptakan varietas kedelai unggul. Bibit unggul kedelai ini dengan masa panen hanya 67 hari saja. Sedangkan varietas kedelai Grobogan masa panen 85-88 hari.

Varietas Kedelai Unggul: Penemuan Baru Bibit Kedelai Unggul Oleh BATAN

Varietas Kedelai Unggul: Penemuan Baru Bibit Kedelai Unggul Oleh BATAN

Ini temuan yang cukup menggembirakan di saat Indonesia krisis kedalai yang terpaksa harus import untuk mencukupi kebutuhan kedelai dalam negeri.Bibit unggul kedelai ini oleh Kepala Pusat Aplikasi Teknologi Isotop Dan Radiasi BATAN(Badan Tenaga Nuklir Nasional) Hendig Winarno diberi nama Gamasugen I dan Gamasugen II.

Varietas Unggul Kedelai: Penemuan Baru Bibit Kedelai Unggul Oleh BATAN

Varietas Unggul Kedelai: Penemuan Baru Bibit Kedelai Unggul Oleh BATAN

Penemuan Gamasugen I dan Gamasugen II ini melengkapi dari 6 varietas unggul kedelai hasil temuanĀ  BATAN sebelumnya. Diharapkan penemuan bibit ungul kedelai yang diberi nama Gamasugen I dan Gamasugen II yang hanya dengan masa panen 2 bulan lebih 1 minggu ini bisa dijadikan sebagai tanaman sela di saat setelah panen padi selesai.

Varietas Kedelai Unggul – Apa maksud dari menjadi tanaman sela? Jawabnya selama ini petani padi dalam setahun panen 2 kali, dan setelah panen selesai,tanah dibiarkan kosong tidak ditanami apa-apa.

Berdasarkan hasil pengujian di 16 lokasi dan di lakukan dalam 2 musim yaitu musin hujan dan musim kemarau, dua vaietas unggul Gamasugen atau yang juga disebut super genjah ini terbukti tahan terhadap hama penyakit, seperti penyakit karat daun,penyakit hawar daun coklat dan tahan serangan hama pengerek daun.

Untuk hasil Varietas Kedelai Unggul – tahu dan tempe yang dibuat dari kedelai Gamasugen rendamannya lebih tinggi dan rasanya lebih enak dibanding kedelai import.

Dan diharapkan setelah para petani mau menanam kedelai varietas unggul Gamasugen di sela-sela masa setelah panen ini akan menambah produksi kedelai dalam negeri. Sekaligus bisa menambah penghasilan para petani selama ini. Dan semoga dengan adanya temuan bibit unggul kedelai super genjah atau Gamasugen kedepan akan mengurangi import kedelai luar negeri dan lebih mensejahterakan petani.

Topik yang dicari:

bibit kedelai unggul,bibit kedelai,benih kedelai unggul,bibit unggul kedelai
Advertisement
Varietas Kedelai Unggul: Penemuan Baru Bibit Kedelai Unggul Oleh BATAN | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami