Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto Ditangkap Polisi

Advertisement

Bungkusdah – Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto Ditangkap PolisiWakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto (BW) ditangkap oleh personel Bareskrim pagi tadi setelah mengantarkan anaknya ke sekolah. Setelah mengantarkan anaknya yang sekolah di SDIT Nurul Fikri  di Depok Bambang Widjojanto ditangkap yang pada saat itu BW sedang berada di dalam mobil bersama putrinya yang sudah remaja. Bambang Widjojanto  kemudian di bawa ke Mabes Polri untuk menjalani pemeriksaan, sedangkan sang anak di kembalikan ke rumah. Berita penangkapan terhadap Wakil Ketua KPK yang terkenal sangat vokal dan berani dalam  menegakkan pemberantasan korupsi ini sangat mengejutkan.

Wakil-Ketua-KPK-Bambang-Widjojanto-Ditangkap-Polisi

Alasan penangkapan Wakil Ketua KPK ini karena Bambang Widjojanto diduga terkait dengan kasus pemberian keterangan palsu masalah sengketa pilkada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah pada tahun 2010 yang lalu. Oleh pihak kepolisian Bambang Widjojanto ditetapkan sebagai tersangka karena telah mengarahkan beberapa saksi untuk memberikan keterangan palsu  dalam sidang di Mahkamah Konstitusi (MK).

Penyidikan berawal dari laporan yang diterima oleh Bareskrim oleh masyarakat pada tanggal 15 Januari 2015. Dan pihak Bareskrim langsung melakukan penyeliidikan dan meningkatkan  menjadi penyidikan. Bambang Widjojanto saat ini sedang menjalani pemeriksaan di Bareskrim. Bambang Widjojanto dianggap telah melanggar Pasal 242 juncto pasal 55 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Sengketa Pilkada Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah yang digelar pada tahun 2010 ini bermula dari kemenangan pasangan Sugianto-Eko Soemarno namun pasangan calon bupati yang kalah Ujang Iskandar- Bambang Purwanto tidak terima dan melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.Selisih perolehan suara antara pasangan Sugianto-Eko Soemarno dengan pasangan Ujang Iskandar- Bambang Purwanto sekitar 12 ribu suara.

Dalam sidang di Mahkamah Konstitusi di hadirkan sebanyak 67 saksi yang salah satunya bernama Ratna Mutiara. Dan dari hasil sidang di Mahkamah Konstitusi diputuskan bahwa kemenangan Sugianto-Eko Soearno di diskualifikasi dan memenangkan penggugat yaitu pasangan Ujang Iskandar-Bambang Purwanto yang pada saat itu menggunakan Bambang Widjojanto sebagai pengacaranya.

Mendengar kekalahannya di sidang MK, pasangan Sugianto – Eko Soemarno membawa salah satu saksi ke Pengadilan Negeri Jakart Pusat dengan tuduhan telah memberikan keterangan palsu dalam sidang Mahkamah Konstitusi. Dan Ratna Mutiara pun dijatuhi hukuman 5 bulan penjara. Dan buntut persoalan ini dilaporkan ke Mabes Polri.

Advertisement
Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto Ditangkap Polisi | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami