Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Waspada, 6 Hal Yang Bisa Menyebabkan Sistem Imun Tubuh Menurun

Advertisement

Bungkusdah- Waspada, 6 Hal Yang Bisa Menyebabkan Sistem Imun Tubuh MenurunSistem imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh sangat penting sekali untuk dijaga agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Sistem imun akan selalu menjaga kesehatan tubuh. Namun tanpa kita sadari sering sistem imun tubuh ini sering dalam kondisi yang tidak stabil. Sistem kekebalan bisa saja menurun dan banyak faktor penyebab menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Waspada,-6-Hal-Yang-Menyebabkan-Sistem-Imun-Tubuh-Menurun

Waspada,-6-Hal-Yang-Menyebabkan-Sistem-Imun-Tubuh-Menurun

Dalam kesempatan yang baik ini, bungkusdah akan berbagi informasi mengenani penyeban menurunnya sistem imun tubuh dan diharapkan infromasi yang kami berikan bisa memberikan manfaat dan lebih berhati-hati terhadap hal-hal yang bisa menyebabkan sistem imun tubuh menurun.   Waspada, 6 Hal Yang Bisa Menyebabkan Sistem Imun Tubuh Menurun

1. Udara yang Tercemar atau Polusi Udara

Polusi udara sangat berpengaruh sekali terhadap penurunan sistem imun tubuh, karena polusi udara ini akan menekap sel T, yang mana sel T ini mempunyai perang yang sangat penting dalam sistem kekebalan atau imunitas sel.Dan penekanan terhadap sel T ini dapat mengakibatkan resiko peradangan di dalam tubuh. Solusi sederhana untuk mencegah efek uruk dari pencemaran udara ini dengan memakai masker saat kita berada di ruang yang udaranya tercemar, seperti jalan-jalan, dekat asap pabrik dan sebagainya.

2. Pemakaian Kosmetik Yang Terlalu Sering

Beberapa bahan kimia yang terkandung di dalam kosmetik memilki potensi menurunkan sistem imun tubuh seperti sodium lauryl dan sebagainya. Solusi untuk menghidari dari efek buruk kosmetik dengan mengurangi pemakaian kosmetik setiap hari. Gunakanlah kosmetik hanya dalam moment-moment tertentu saja. Atau jika anda harus menggunkan kosmetik setiap hari dan terus-menerus, maka gunakanlah kosmetik yang mengandung sedikit bahan kimia.

3. Stres

Waspada,-6-Hal-Yang-Bisa-Menyebabkan-Sistem-Imun-Tubuh-Menurun

Waspada,6-Hal-Yang-Bisa-Menyebabkan-Sistem-Imun-Tubuh-Menurun

Orang yang stres kondisi kekebalan tubuhnya menurun, ini di sebabkan karena stres ini akan membuat produksi kortisol dalam tubuh meningkat. Dan peningkatan produksi kortisol ini bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. Solusinya, hindari stres yang kronis. Jika sedang tertimpa masalah dan cobaan, janganlah terlalu berat memikirkannya sehingga menjadi stres. Dan segeralha luangkan waktu untuk santai menenangkan pikiran, menghilangkan stres atau bisa dengan melakukan latihan yoga, pijat untuk relaksasi agar produksi kortisol tubuh anda kembali normal dan sistem kekebalan tubuh anda akan baik kembali.

4. Kurang Tidur

Pada saat anda tidur nyenyak, tubuh anda sebenarnya sedang memproduksi melatonin. Dan melatonin ini akan membantu sistem imun dalam menghasilkan sel-sel darah untuk melawan virus dan bakteri. Jika anda kurang tidur otomatis produksi melatonin akan berkurang dan sel-sel darah yang diproduski oelh sistem imun tidak cukup memadai untuk melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh anda.

Biasakanlah tidur yang cukup kurang lebih 7 – 8 jam setiap malam. Dan jangan biasakan terlalu sering begadang dan jangan memaksakan untuk menyelesaikan pekerjaan hingga larut malam sehingga waktu tidur anda kurang.

5. Kurang Lemak Sehat

Lemak sehat mempunyai efek anti inflamasi yang sangat baik dalam menjaga kestabilan sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan asupan lemak sehat anda bisa mengkosumsi almond, ikan dan bahan makanan yang mengandung asam lemak omega 3 yang lain.

6. Duduk Sepanjang Hari

Duduk sepanjang hari tidak hanya bisa menyebabkan obesitas dan meningkatkatkan resiko penyakit jantung, tetapi juga akan menghambat metabolisme tubuh anda. Duduk secara terus menerus akan mengurangi penyerapan nutrisi yang mana nutrisi digunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Jika pekerjaan anda setiap hari mengharuskan anda duduk secara terus-menerus, solusinya anda harus mencoba untuk aktif bergerak setidaknya 30 menit sekali anda berjalan-jalan ke menuju meja teman, atau berjalan keluar kantor.

Nah itu tadi informasi dan tips untuk Waspada, 6 Hal Yang Bisa Menyebabkan Sistem Imun Tubuh Menurun yang semoga bermanfaat bagi anda dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar anda tetap sehat dan fit setiap hari dan tidak mudah terserang penyakit.

Advertisement
Waspada, 6 Hal Yang Bisa Menyebabkan Sistem Imun Tubuh Menurun | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami